-->

Pengertian dan Penjelasan : SIKLUS BISNIS (Business Cycle)

      Semua negara di dunia ini termasuk indonesia mengharapkan pertumbuhan ekonomi yang baik, kesempatan kerja yang penuh, dan stabilitas harga. untuk mendapatkan itu semua diperlukan kestabilan dalam perekonomian suatu negara. Tetapi mendapatkan kestabilan perekonomian itu bukanlah suatu hal yang mudah. Hal ini sejalan dengan  data yang saya himpun dari beberapa sumber yang menunjukkan, bahwa pertumbuhan perekonomian Indonesia cenderung tidak stabil setiap tahunnya. Sebagai buktinya adalah grafik pertumbuhan ekonomi di Indonesia sejak tahun 1998 - 2008.

grafik pertumbuhan perekonomian indonesia

  Jika perhatikan grafik tersebut maka dapat kita lihat puncaknya (titik tertinggi) terjadi pada tahun 2008. sementara titik ter-rendahnya (palung) terjadi pada tahun 1998.

   Hal tersebutlah yang kita biasa sebut sebagai Siklus Bisnis (Business Cycle). Jadi Secara Garis Besar Siklus Bisnis (Business Cycle)  dapat diartikan  sebagai terulangnya pertumbuhan dan resesi perekonomian suatu negara dalam periode tertentu.

   Perubahan yang dihasilkan oleh kenaikan ataupun penurunan perekonomian suatu negara akan berdampak langsung kepada daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa. Selanjutnya akan mempengaruhi barang dan jasa yang di produksi oleh pelaku bisnis. 

   Secara umum Siklus Bisnis (Business Cycle) umumnya terdiri dari 4 (empat) bagian yaitu puncak siklus (kemakmuran), resesi perekonomian (Kemerosotan), palung perekonomian dan pemulihan (ekspansi). 


1. Puncak Siklus ( kemakmuran)
Selama puncak siklus berlangsung perekonomian negara sedang dalam keadaan tertinggi dan tingkat pengangguran yang sedikit. Jumlah pendapatan  masyarakat saat puncak siklus ini terjadi juga tinggi. Selama periode ini konsumen umumnya ingin meningkatkan kepuasan nya sampai pada titik yang tertinggi dengan uang yang dia punya. Sementara Produsen juga biasanya memanfaatkan situasi ini dengan melakukan ekspansi bisnis serta melakukan penawaran produk-produk baru terhadap konsumen.



2. Resesi Perekonomian  (Kemerosotan)
Dalam ekonomi makro, resesi adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun. Karena pengangguran selama masa Resesi Perekonomian  (Kemerosotan) meningkat, maka daya masyarakat pun menurun. Biasanya saat Resesi Perekonomian  (Kemerosotan) berlangsung Pesisme dari konsumen juga akan meningkat. Dengan adanya penurunan daya beli, Konsumen menjadi lebih berhati-hati dalam berbelanja dan enggan membeli barang yang tidak penting. Di lain sisi Produsen lebih memfokuskan diri dalam memproduksi barang-barang yang memberikan nilai paling penting.
disaat resesi makin parah maka akan muncul yang namanya Defresi. Secara umum defresi dapat diartikan sebagai kondisi resesi yang parah dan berlangsung lebih lama dari resesi pada umumnya.


3. Palung Perekonomian
Palung perekonomian merupakan kondisi paling parah dari resesi atau defresi yang terjadi di suatu negara. Saat terjadinya Palung perekonomian ini biasanya pemerintah akan bertindak dengan kebijakan moneter dan fiskal, guna menyelamatkan perekonomian negara.



4. Pemulihan (ekspansi)
pemulihan( ekspansi) merupakan pergerakan ekonomi dari defresi dan resisi menuju kemakmuran pada periode pemulihan ini perekonomian akan meranjak naik dan stabil. Tingkat pengangguran juga semakin menurun dan pendapatan konsumen juga semakin membaik. Kondisi ini akan terus berlanjut hingga sampai saat puncak siklus terjadi.


Sejak perang dunia II, Siklus bisnis telah berlangsung dari 3 (tiga) sampai 5 ( tahun) dari satu periode puncak ke periode puncak berikutnya. selama periode yang sama lama resesinya, adalah sekitar 11 bulan. Banyak ahli berpendapat penggunaan kebijakan fiskal dan moneter dapat mempercepat proses pemulihan dan mengurangi lama  waktu resesi.  

     Demikianlah mengenai Pengertian dan Penjelasan :  SIKLUS BISNIS (Business Cycle), Jika ada pertanyaan ataupun yang ingin berdiskusi mengenai artikel ini silahkan tinggalkan komentar ataupun bisa menghubungi saya langsung di contact us








TAG : materi siklus bisnis, siklus bisnis perusahaan, contoh kasus siklus bisnis, makalah siklus bisnis, siklus bisnis pdf, siklus bisnis di indonesia, teori siklus bisnis dalam ekonomi makro, Poin siklus bisnis , siklus bisnis ekonomi makro, contoh kasus siklus bisnis, siklus bisnis perusahaan, tahapan siklus bisnispoin siklus bisnis, siklus bisnis pdf, sebutkan tahapan siklus bisnis, gambar siklus bisnis, makalah siklus bisnismateri siklus bisniscontoh kasus siklus bisnissiklus bisnis pdfsiklus bisnis perusahaanpengertian siklus bisnistahapan siklus bisnissiklus bisnis di indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel