-->

Pemasaran dan Nilai Pelanggan

Pemasaran dan Nilai Pelanggan
Memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen adalah inti dari pemasaran. Sasaran dari setiap bisnis adalah menghantarkan nilai pelanggan untuk menghasilkan laba.

Proses Penghantaran Nilai
Pemasaran tradisional memandang bahwa perusahaan membuat sesuatu dan kemudian menjualnya. Pandangan proses bisnis baru menempatkan pemasaran pada  awal perencanaan. Sekarang perusahaan melihat diri mereka sebagai bagian dari proses penghantaran nilai. Urutan penciptaan dan penghantaran nilai di bagi dalam tiga fase:
1.      Memilih nilai
2.      Menyediakan nilai
3.      Mengomunikasikan nilai

Rantai Nilai
Rantai nilai di gunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi cara menciptakan lebih banyak nilai pelanggan. Setiap perusahaan merupakan sintetis dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan untukmerancang, memproduksi, memasarkan, menghantarkan dan mendukung produknya. Rantai nilai memiliki lima kegiatan primer, yaitu: (1) Memasukan bahan dalam bisnis, (2) Mengubah bahan menjadi produk akhir, (3) Mengirim produk akhir (4) Memasarkan produk, (5) Memberikan layanan produk. Dan yang menjadi aktivitas pendukung ; (1) pegadaan (2)pengembangan teknologi (3)manajemen sumber daya manusia (4)infrastruktur perusahaan.


Kompetensi Inti
Kompetensi inti adalah keunggulan suatu produk yang tidak di miliki oleh produk lainya. Kompetensi inti memiliki tiga karakteristik:
1. Kompetensi inti merupakan sumber keunggulan kompetitif, karena memberikan sumbangan besar pada manfaat anggapan pelanggan
2.Kompetensi inti dapat di terapkan dalam berbagai pasar
3. Kompetensi inti sulit di tiru pesaing


Orientasi Pemasaran Holistik dan Nilai Pelanggan
            Orientasi pemasaran holistik nilai pelanggan adalah pengintegrasian kegiatan ekplorasi nilai penciptaan nilai, dan penghantaran nilai dengantujuan membantu hubungan jangka panjang yang benar – benar memuaskan dan kesejahteraan bersama diantara semua pihak utama yang berkepentingan. Kerangka kerja pemasaran holistik yang dirancang untuk menghantarkan tiga pertanyaan manajamen kunci.
1.      Ekplorasi nilai, bagaimana perusahaan mengidentifikasi peluang nilai baru
2.      Penciptaan nialai, bagaimana perusahaan dapat menciptakan penawaran nilai baru yang lebih menjanjikan secara efisien
3.       Penghantaran nilai, bagaimana perusahaan dapt menggunaka kapabilitas infrastruktur untuk menghantarkan penawaran nilai baru secara lebih efisien
Orientasi Pemasaran Holistik dan Nilai Pelanggan

Peran Sentral Perencanaan Strategis
Rencana pemasran (marketing plan) adalah instrumen sentral untuk mengarahkan dan mengkoordinasi usaha pemasara. Rencana pemasaran beroperasi pada dua tingkat pasar sasaran terbaik. Rencana pemasaran strategis (strategic marketing plan) menjelaskan peluang pasar terbaik. Rencana pemasaran taktis (tactical marketing plan) menspesifikasikan taktik pemasaran, yermasuk fitur produk, promosi, penyediaan barang, penetapan harga, saluran penjualan, dan layanannya
Peran Sentral Perencanaan Strategis



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel