TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN
v Mengembangkan strategi
dan rencana pemasaran
Unsur utama proses manajemen pemasaran adalah strategi
dan rencana pemasaran yang mendalam dan kreatif yang dapat memandu kegiatan
pemasaran. Pengembangan strategi pemasaran yang benar sepanjang waktu
memerlukan bauran disiplin dan fleksibilitas. Perusahaan harus tetap berpegang
pada strategi, tetapi juga menemukan cara baru untuk terus mengembangkannya.
Pemasaran juga harus selalu meningkatkan strategi untuk sejumlah produk
dan jasa di dalam organisasinya.
v Menangkap pemahaman (atau
Gagasan) pemasaran
Memerlukan sebuah
sistem infomasi pemasaran yang terpercaya untuk memantau lingkungan pemasaran. Lingkungan
mikro terdiri dari semua yang mempengaruhi kemampuannya untuk memproduksi dan
menjual smartphone, pemasok, perantara,
pemasaran, pelanggan, dan pesaing. Lingkungan makronya mencakup kekuatan
demografis, ekonomi, fisik, teknologi, politik-hukum, dan sosial budaya yang
mempengaruhi penjualan dan laba.
Memerlukan sistem
pemasaran yang dapat diandalkan. Untuk mengubah strategi pemasaran menjadi
program pemasaran, manajer pemasaran harus mengukur potensi pasar, meramalkan
permintaan, dan membuat keputusan dasar tentang pengeluaran pemasaran, aktivitas pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Untuk membuat alokasi-alokasi ini manajer pemasaran bisa menggunakan fungsi
renpons penjualan yang menunjukkan bagaimana uang yang dihabiskan dalam setiap
aplikasi akan mempengaruhi penjualan dan laba.
v Berhubungan dengan
pelanggan
Mempertimbangkan
cara terbaik untuk menciptakan nilai untuk pasar sasaran yang dipilih dan
mengembangkan hubungan jangka panjang yang kuat dan menguntungkan dengan
pelanggan. Memerlukan tenaga penjualan yang terlatih dalam mempresentasikan
manfaat produk. Harus membagi pasar ke dalam segmen-segmen pasar yang besar,
mengevaluasi tiap segmen dan membidik segmen pasar yang paling mungkin
dilayaninya dengan baik.
v Membangun merek yang kuat
Membangun merek
yang kuat bisa dilakukan dengan melakukan positioning dengan menempatkan
posisinya secara spesifik dibenak pelanggan. Menempatkan semua aspek dari brand
value (termasuk manfaat fungsional) secara konsisten sehingga selalu menjadi
nomor satu di benak pelanggan. Semakin tepat merek dipositioningkan di benak
pelanggan, merek tersebut akan semakin kompetitif. Pengembangan konsep juga
harus dilakukan, karena konsep yang baik yang dapat mengkomunikasikan semua
elemen-elemen brand value dan positioning yang tepat, sehingga brand image
dapat terus-menerus ditingkatkan.
v Membentuk penawaran pasar
Inti dari program
pemasaran adalah produk penawaran perusahaan yang terwujud, yang mencakup
kualitas produk, desain, fitur, dan kemasan. Suatu keputusan pemasaran yang
penting berhubungan dengan harga. Samsung dapat memberikan diskon kepada
pelanggan dan promo untuk menarik pelanggan
v Menghantarkan nilai
Perusahaan gadget
seperti Samsung harus melakukan komunikasi yang tepat sasaran- kepada pasar
sasaran nilai yang terkandung dalam produk dan fitur-fiturnya. Aktivitas
saluran mencakup aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahan untuk
membuat produk tersedia dan lebih mudah didapat pelanggan. Samsung harus
memahami berbagai tipe pengecer, pedagang grosir, dan perusahaan distribusi
barang, serta bagaimana mereka mengambil keputusan.
v Mengkomunikasi nilai
Harus melakukan
komunikasi yang tepat sasaran kepada pasar sasaran nilai yang terkandung
dalam produk dan fitur-fiturnya. Harus
menyusun program-program komunikasi massa yang terdiri atas iklan, promosi
penjualan, acara, dan hubungan masyarakat. Perlu merencanakan lebih banyak
komunikasi personal dalam bentuk pemasaran langsung dan interaktif.
v Menciptakan pertumbuhan
jangka panjang
Disini proses
pengembangan, pengujian, dan peluncuran produk baru sebagai bagian dari visi
jangka panjangnya. Strategi tersebut harus mempertimbangkan peluang dan
tantangan global yang terus berubah. Membentuk suatu organisasi pemasaran yang
mampu mengimplementasikan rencana pemasaran.