-->

TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN


TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

v  Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
Unsur utama proses manajemen pemasaran adalah strategi dan rencana pemasaran yang mendalam dan kreatif yang dapat memandu kegiatan pemasaran. Pengembangan strategi pemasaran yang benar sepanjang waktu memerlukan bauran disiplin dan fleksibilitas. Perusahaan harus tetap berpegang pada strategi, tetapi juga menemukan cara baru untuk terus mengembangkannya. Pemasaran juga harus selalu meningkatkan strategi untuk sejumlah produk dan jasa di dalam organisasinya.

v  Menangkap pemahaman (atau Gagasan) pemasaran
Memerlukan sebuah sistem infomasi pemasaran yang terpercaya untuk memantau lingkungan pemasaran. Lingkungan mikro terdiri dari semua yang mempengaruhi kemampuannya untuk memproduksi dan menjual smartphone, pemasok, perantara,  pemasaran, pelanggan, dan pesaing. Lingkungan makronya mencakup kekuatan demografis, ekonomi, fisik, teknologi, politik-hukum, dan sosial budaya yang mempengaruhi penjualan dan laba.
Memerlukan sistem pemasaran yang dapat diandalkan. Untuk mengubah strategi pemasaran menjadi program pemasaran, manajer pemasaran harus mengukur potensi pasar, meramalkan permintaan, dan membuat keputusan dasar tentang pengeluaran pemasaran,  aktivitas pemasaran, dan alokasi pemasaran. Untuk membuat alokasi-alokasi ini manajer pemasaran bisa menggunakan fungsi renpons penjualan yang menunjukkan bagaimana uang yang dihabiskan dalam setiap aplikasi akan mempengaruhi penjualan dan laba.

v  Berhubungan dengan pelanggan
Mempertimbangkan cara terbaik untuk menciptakan nilai untuk pasar sasaran yang dipilih dan mengembangkan hubungan jangka panjang yang kuat dan menguntungkan dengan pelanggan. Memerlukan tenaga penjualan yang terlatih dalam mempresentasikan manfaat produk. Harus membagi pasar ke dalam segmen-segmen pasar yang besar, mengevaluasi tiap segmen dan membidik segmen pasar yang paling mungkin dilayaninya dengan baik.

v  Membangun merek yang kuat
Membangun merek yang kuat bisa dilakukan dengan melakukan positioning dengan menempatkan posisinya secara spesifik dibenak pelanggan. Menempatkan semua aspek dari brand value (termasuk manfaat fungsional) secara konsisten sehingga selalu menjadi nomor satu di benak pelanggan. Semakin tepat merek dipositioningkan di benak pelanggan, merek tersebut akan semakin kompetitif. Pengembangan konsep juga harus dilakukan, karena konsep yang baik yang dapat mengkomunikasikan semua elemen-elemen brand value dan positioning yang tepat, sehingga brand image dapat terus-menerus ditingkatkan.

v  Membentuk penawaran pasar
Inti dari program pemasaran adalah produk penawaran perusahaan yang terwujud, yang mencakup kualitas produk, desain, fitur, dan kemasan. Suatu keputusan pemasaran yang penting berhubungan dengan harga. Samsung dapat memberikan diskon kepada pelanggan dan promo untuk menarik pelanggan

Menghantarkan nilai
Perusahaan gadget seperti Samsung harus melakukan komunikasi yang tepat sasaran- kepada pasar sasaran nilai yang terkandung dalam produk dan fitur-fiturnya. Aktivitas saluran mencakup aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahan untuk membuat produk tersedia dan lebih mudah didapat pelanggan. Samsung harus memahami berbagai tipe pengecer, pedagang grosir, dan perusahaan distribusi barang, serta bagaimana mereka mengambil keputusan.

v  Mengkomunikasi nilai
Harus melakukan komunikasi yang tepat sasaran kepada pasar sasaran nilai yang terkandung dalam  produk dan fitur-fiturnya. Harus menyusun program-program komunikasi massa yang terdiri atas iklan, promosi penjualan, acara, dan hubungan masyarakat. Perlu merencanakan lebih banyak komunikasi personal dalam bentuk pemasaran langsung dan interaktif.

v  Menciptakan pertumbuhan jangka panjang
Disini proses pengembangan, pengujian, dan peluncuran produk baru sebagai bagian dari visi jangka panjangnya. Strategi tersebut harus mempertimbangkan peluang dan tantangan global yang terus berubah. Membentuk suatu organisasi pemasaran yang mampu mengimplementasikan rencana pemasaran.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel