-->

Profil Lengkap ( Biografi ) Adam Smith : Bapak Ekonomi Kapitalis

http://www.antomiwahyu.com

Profil Singkat


 
        Adam Smith adalah orang yang mencetuskan lahirnya ekonomi kapitalis yang hingga kini dipakai oleh negara-negara seperti Amerika dan negara-negara Eropa. Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang mengedepankan penumpukan modal secara besar-besaran. Sistem ekonomi ini terlahir diabad 18/19. Dari sinsilah akhirnya Adam Smith memperoleh gelar Bapak Ekonomi Kapitalis.

      Adam Smith terlahir dengan nama John Adam Smith yang dilahirkan di Kirkcaldy, Skotlandia pada tanggal 5 Juni 1723. Ia adalah pelopor ekonomi kapitalis melalui karyanya yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations) adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. Dia juga dikenal sebagai "Bapak Ekonomi Kapitalis".


Pendidikan


http://www.antomiwahyu.com/
Universitas Glasgow

         Pada umur 13, Smith memasuki Universitas Glasgow. Di sini, Smith mengembangkan keinginan kuatnya akan kebebasan, akal sehat, dan kebebasan berpendapat. dia belajar filosofi 


Karir Adam Smith



        Tahun 1748 Smith memulai menguliahi kuliah umum di Edinburgh dibawah bimbingan Lord Kames.

         Pada sekitar tahun 1750 dia bertemu filusuf David Hume, yang merupakan seniornya terpaut sepuluh tahun. Hubungan dan kesamaan opini yang dapat ditemukan dalam detil dari tulisan mereka mencakup sejarah, politik, filosofi, ekonomi, dan agama menandakan bahwa mereka berdua memiliki pemikiran intelektual sama.


Adam Smith Meninggal


        Tahun 1778 Smith ditunjuk untuk menduduki pos sebagai komisioner untuk kantor bea cukai di Skotlandia dan hidup bersama ibunya di Edinburgh. Dia meninggal di edinburgh pada 17 Juli 1790 karena sakit keras dan dimakamkan di Canogatw Kirkyard.

        Smith meninggalakan banyak catatan tidak dipublikasikan, tetapi memberi instruksi untuk menghapus data apapun yang tidak pantas dipublikasikan.

Pola Pikir Smith


http://www.antomiwahyu.com/
Salah Satu Karya Adam Smith


        Sangat sedikit yang diketahui tentang Adam Smith selain dari apa yang bisa diambil dari karya-karyanya yang sudah diterbitkan. Dia tidak menikah dan memilih mempertahankan hubungan dekat dengan ibunya, dimana dia tinggal setelah pulang dari Perancis dan mendahului kematian Smith hanya 6 tahun berselang. 


Kepincangan Pemikiran Adam Smith


      Dalam The Wealth of Nations Smith mengklaim kalau kepentingan pribadi sendiri (dalam pengaturan institusional yang berimbang) bisa menuju pada hasil yang menguntungkan dari segi sosial. Tetapi di dalam Teory of Moral Sentiments-nya Smith berpendapat kalau simpati dibutuhkan untuk mencapai hasil yang secara sosial menguntungkan. Adam Smith sendiri tidak melihat adanya kontradiksi, sejak ia memproduksi sebuah edisi buku yang sudah direvisi dari Moral Sentiments setelah terpublikasi dari Wealth of Nations. 

        Untuk mengenang jasanya dalam pemikiran teori ekonomi Kapitalis, Adam Smith diabadikan dalam uang £ 20 baru pada 13 Maret 2007. 


http://www.antomiwahyu.com/
Adam Smith di Mata Uang Euro


Karya Adam Smith



* The Theory of Moral Sentiments (1759)
* An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (1776)
* Essays on Philosophical Subjects (diterbitkan setelah 1795)
* Lectures on Jurisprudence (diterbitkan setelah 1976)


Sumber :
http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id



Sumber Gambar:
http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id
konsultanpendidikan.com





Nah, itulah mengenai Profil Lengkap ( Biografi ) Adam Smith : Bapak Ekonomi Kapitalis. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel