-->

ENAM KARAKTERISTIk KEBERHASILAN PEMBANGUNAN EKONOMI MENURUT PROFESOR SIMON KUZNETS

PROFESOR SIMON KUZNETS
Menurut profesor Simon Kuznets, ada enam karakteristik keberhasilan pembangunan ekonomi. Keenam karakteristik itu adalah sebagai berikut :

1. Laju pertumbuhan out perkapita yang tinggi. Jika out perkapita tinggi maka dapat dipatikan pembangunan ekonomi berhasil. Keberhasilan ini akan semakin sempurna jika didukung dengan adanya kesuksesan pengendalian laju pertumbuhan  penduduk.

2. Tingkat kenaikan produktivitas faktor produksi yang tinggi, khususnya produktivitas tenaga kerja. Keberhasilan pembangunan ekonomi juga dapat dilihat dari kenaikan produktivitas faktor ekonomi yang tinggi. Jika produktivitas faktor tenaga kerja tinggi sudah dapat dipastikan bahwa keberhasilan juga ada di sektor lain.

3. Tingkat transformasi struktual ekonomi yag tinggi. Keberhasilan pembangunan ekonomi dapat diketahui jika adanya transformasi struktual ekonomi kearah yang baik. Pembangunan ekonomi dapat dikatakan berhasil apabila adanya perubahan struktur masyarakat yang agraris menjadi masyarakat industri bahkan ke sektor jasa berhasil dilakukan. Tenaga kerja yang dahulunya berkutut di desa kemudian berpindah ke kota guna berkerja di sektor insdustri.

4. Tingkat transformasi sosial , politik , dan ideology yang tinggi. Perubahan stuktur  sosial , politik , dan ideologi akan terjadi secara otomatis jika telah terjadi keberhasilan pembangunan ekonomi. Masyarakat akan secara dinamis meninggalkan kebiasaan lama dan bersikap kritis pada kemajuan teknologi diberbagai bidang.

5. Jangkauan ekonomi internasional yang semakin luas. Negara yang berhasil dalam pembangunan ekonomi akan semakin berperan dalam percaturan dunia internasional. Pasar barang dagangannya telah melampau batas negaranya sendiri dengan kata lainnya telah terjadi ekspor barang guna mendominasi pasar dunia. Contohnya sebut saja amerika serikat dan jepang yang telah mengusai pasar property global.

6. Penyebaran pertumbuhan ekonomi international.penyabaran ekonomi dunia masih sangat timpang. Sebahagian kecil manusia menikmati 80 % pendapatan dunia. Pembangunan ekonomi maju seringkali dibangun diatas beban dan pengorbanan negara-negara miskin.

    Nah, itulah mengenai ENAM KARAKTERISTIk KEBERHASILAN PEMBANGUNAN EKONOMI MENURUT PROFESOR SIMON KUZNETS. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.


Sumber gambar :
https://en.wikipedia.org/wiki/Simon_Kuznets

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel