-->

UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA


Kita tentu  saja perlu menciptakan iklim yang mendukung perluasan lapangan pekerjaan, meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja. Salah satu langkah awal yang dapat kita tempuh adalah dengan menyusun berbagai master plan kedepan dengan pondasi awalnya meningkatkan mutu tenaga kerja.
Tidak dapat dipungkiri bahwa kecendurungan dunia usaha saat ini hanya menerima tenaga kerja siap pakai. Itu berarti sebelum memasuki dunia kerja seorang tenaga kerja harus sudah memiliki sejumlah “nilai lebih” berupa tingkat pendidikan dan keterampilan tertentu. Sementara itu masih banyak dipasaran tenaga kerja yang berpendidikan rendah. Ini berarti tenaga kerja belum siap pakai. Untuk itu diperlukan adanya Usaha meningkatkan mutu kerja dari pihak pemerintah, swasta, dan individu. Berikut akan diuraikan upayanya :

A.Pemerintah
Usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja antara lain dengan mendirikan berbagai pusat pelatihan tenaga kerja. Upaya ini dilakukan guna melatih seseorang menjadi manusia terampil, berinisiatif dan berkarakter serta kratif. Usaha ini juga disertai dengan usaha peningkatan mutu sekolah kejuruan ( SMK dan sejenisnya ), penciptaan kondisi yang kondusif bagi penanaman modal, transmigrasi, dan keluarga berencana.

B. Pihak swasta ( Perusahaan )
langkah yang dapat diambil oleh pihak swasta ( perusahaan) untuk ikut serta dalam upaya peningkatan mutu tenaga kerja adalah bekerja sama dengan sekolah atau kampus. Kerja sama yang dapat dilakukan oleh pihak swasta ( perusahaan ) dengan pihak sekolah maupun kampus adalah dengan menyediakan kesempatan kesempatan bagi siswa maupun mahasiswa untuk kerja praktek maupun magang diperusahaan yang bersangkutan. Program magang ini akan memberi pemahaman secara lebih baik kepada calon tenaga kerja untuk mengenali dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan demikian, para calon tenaga kerja tersebut dapat menyiapkan dirinya dengan berbagai kemampuan dan keterampilan yang memang dibutuhkan oleh dunia usaha.

C. individu 
        Beberapa langkah yang dapat diambil individu guna meningkatan kualitas tenaga kerja adalah sebagai berikut :
1. Membekali diri dengan berbagi keahlian dan keterampilan yang diinginkan oleh dunia kerja. Secara umum individu harus mampu melebihi standar kualitas yang berlaku di dalam perusahaan guna bersaing dengan tenaga kerja lain. Semisalnya dalam hal penguasaan Bahasa inggris, komputer, dan keahlihaan khusus sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.
2. Menanamkan jiwa wirausaha. Bekerja tidak harus bergantung pada perusahaan atau instansi tertentu. Tetapi seseorang justru bisa menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri bahkan menampung tenaga kerja lainnya. Dalam hal inilah diperlukan jiwa kewirausahaan seorang invididu dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja.

          Nah, itulah mengenai UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.


Sumber Referensi :
Alam. 2012. Ekonomi Untuk kelas XI. Jakarta . ESIS Halaman 37 - 40


Sumber Gambar :
http://bltkln.disnakertrans.jabarprov.go.id/index.php/news/label/umum/35

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel