-->

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBANGUNAN EKONOMI



laju pertumbuhan penduduk yang berlebihan
MATERI SMA KELAS XI BAB 1 EKONOMI TENTANG PENGERTIAN PEMBANGUNAN EKONOMI

Mengapa pembangunan suatu negara sangat cepat, sementara negara lainnya sangat lambat ? Dalam pertanyaan ini mengandung sebuah jawaban yang rumit, sebab masalah pembangunan ekonomi ini memiliki cakupan yang sangat luas dan kompleks. Berikut adalah faktor-faktor yang menurut para ahli paling berpengaruhi dalam pembangunan ekonomi

1. Tanah dan kekayaan negara

Tanah dan kekayaan negara meliputi luas tanah , kesuburan tanah, iklim cuaca, kekayaan hasil hutan, hasil laut serta kekayaan barang tambang. Kekayaan ini sangat berarti dalam tahap awal pembangunan suatu negara. Secara umum negara yang memiiki tanah dan kekayaan negara yang berlimpah cenderung akan mudah berkembang dan menjadi negara maju dibandingkan dengan negara yang hanya memiliki tanah dan kekayaan negara yang sangat minim. Namun Semuanya itu harusnya ditunjang oleh modal, teknologi yang maju, sumber daya manusia yang memadai serta pasar yang potensial. Jika tidak mungkin tanah dan kekayaan itu tudak berarti sama sekali bagi negara.

2. Kuantitas dan kualitas penduduk dan tenaga kerja

Pertambahan penduduk dari waktu ke waktu akan menjadi motor penggerak dalam perekonomian suatu negara. Pertambahan penduduk akan meningkatkan jumlah angkatan kerja yang dapat digunakan untuk penujung produksi. Dengan ditambah pendidikan serta pelatihan yang memadai akan menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan handal. Jumlah penduduk yang besar akan menjadikan permintaan barang menjadi tinggi yang kemudian bias dijadikan sebagai target pemasaran yang sangat ideal. Selain itu para pengusaha di beberapa negara akan mampu membuka banyak kegiatan ekonomi yang bermamfaat. Selain mencari keuntungan pribadi, pengusaha juga turut berkontribusi terhadap produk nasional. Tetapi hal , hal tersebut banyak mendapat tantangan yang besar dari tingginya tingkat pengangguran, rendahnya produktivitas, dan laju pertumbuhan penduduk yang lebih tinggi dari laju pertumbuhan pendapatan perkapita.

3 Kepemilikan modal dan penguasaan teknologi
Pada masyarakat yang kurang maju alat seperti cangkul, golok, bajak dsb merupakan alat yang menunjang dalam kegiatan sehari-hari mereka semisal berburu dan bertani. Tetapi dalam masyarakat modern zaman sekarang ini peranan modal sangat menentukan dalam kegiatan peningkatan produksi. Akan tetapi kepemilikan modal itu harusnya disertai dengan penerapan teknologi maju. Adapun peningkatan yang mampu diberikan oleh penguasaan teknologi yang maju adalah sebagai berikut :

a. Meningkatnya efisiensi kegiatan produksi yang mampu menurunkan biaya produksi dan meningkatkan produktifitas barang

b. Meningkatnya produksi barang atau jasa yang dihasilkan karena penemuan teknologi baru.

c. Terciptanya barang dengan kualitas yang lebih baik tanpa menambah beban produksi



4. Sistem social dan sikap masyarakat
System social dan sikap masyarakat memegang peraran penting dalam menciptakan pembangunan ekonomi.hasil dari identifikasi di negara-negara berkemang menunjukkan bahwa system social dan sikap masyarakat menjadi salah satu penghambat dalam pembangunan ekonomi. Adat istiadat yang kental dalam kultur masyarakat seperti upacara dan kegiatan yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Sistem faeodal masyarakat yang mana tanah sebahagian besar dikuasai oleh pemilik tanah dan hanya sebahagian kecil dimiliki oleh masyarakat dianggap juga memperlambat pembangunan ekonomi. Selain itu sifat masyarakat yang malas kerja, jam kerja yang sedikit, malas menabung dan sikap negative lainnya dianggap sebagai salah satu penyebab terhambatnya pembangunan ekonomi





Nah, itulah mengenai FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBANGUNAN EKONOMI . Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel