Perencanaan Produk: Sifat dan Isi Rencana Pemasaran
Rencana
Pemasaran adalah dokumen tertulis yang meringkas apa yang telah di pelajari
pemasaran tentang pasar dan mengindikasi bagaimana perusahaan berencana
menjangkau tujuan pemasarannya. Kini rencana pemasaran semakin berorientasi
pada pelanggan dan pesaing, mempunyai alasan yang lebih baik, dan lebih
realistis dari masa lalu.
Sebagian
besar rencana pemasaran yang memiliki durasi satu tahun tertuang dalam 5 sampai
50 halaman. Kegagalan rencana pemasaran saat ini yang paling sering dinyatakan
menurut eksklusif pemasaran, disebabkan oleh kurangnya realism, tidak adanya
analisis yang cukup kompetitif, dan fokusnya yang hanya jangka pendek.
Isi rencana pemasaran:
1.
Rangukuman
eksekutif dan daftar isi
Rencana
pemasaran harus di buka dengan rangkuman singkat tujuan utama dan rekomendasi
menejemen senior. Daftar isi mengarisbawahi sisa rencana tersebut serta semua
perisip pendukung dan rincian operasional.
2.
Analisis
situasi
Menampilkan
data latar brlakang yang relevan tentang penjualan, biaya, pasar, pesaing, dan
berbagai kekuatan dalam lingkungan makro. Analisis meliputi analisis
kapabilitas perusahaan, analisis Customer meliputi market forecast,
segmentasi, informasi tentang perilaku pelanggan dan analisa kebutuhan pasar.
Sedangkan analisis persaingan menyangkut kegiatan pesaing.
1.
Strategi
pemasaran
Di sini
manager produk mendefinisikan misi, tujuan pemasaran dan keuangan, serta
kelompok dan kebutuhan yang ingin di puaskan oleh penawaran pasar. dilakukan
dengan memuat tujuan berupa angka-angka seperti target yang ingin dicapai,
pertumbuhan, market share dan lain-lain. Strategi ini sering dimuat dalam
istilah STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning). Strategi pemasaran
sering juga diwujudkan dengan taktik pemasaran yang meliputi 4P yaitu (Product,
Price, Place dan Promotion).
4.
Proyeksi
keuangan
Meliputi
peramalan penjualan, pengeluaran, dan analisis titik impas (BEP).
5.
Kendali
implementasi
Bagian ini mengaris bawahi kendali untuk mengamati dan menyesuaikan
implementasi rencana. Umumnya , bagian inni menyebutkan tujuan dan anggaran
setiap bulan atau kuartal, jadi managemen dapat meninjau hasil setiap periode
dan mengambil tindakan korektif yang di perlukan.