-->

Profil Biodata, Biografi, dan Fakta Walt Whitman Rostow, Tokoh Anti Komunis dan Pro Kapitalis Terkenal Amerika Serikat

Walt Whitman Rostow atau yang sering dikenal Walt Rostow maupun WW Rostov merupakan ahli ekonom yang berasal dari amerika kelahiran 70 oktober 1916 dan meninggal 13 februari 2003. Tidak hanya seorang ekonom, Rostow juga seorang politikus yang bekerja kepada National Security Advisor ( Asisten Khusus untuk Urusan Keamanan Nasional untuk Presiden AS Lyndon B. Johnson ( Masa Pemerintahan 1966-1969 ).

Profil Biodata, Biografi, dan Fakta Walt Whitman Rostow, Tokoh Anti Komunis dan Pro Kapitalis Terkenal Amerika Serikat

Rostow merupakan salah satu politikus amerika yang berperan penting dalam pembentukan kebijakan USA di asia tenggara selama tahun 1960. Salah satu kebijakan rostow yaitu mendukung intervensi militer USA dalam perang vietnam, karena kebijakan itulah rostow menjadi musuh komunis. Hal ini cukup beralasan karena rostow terkenal dengan prinsip anti komunis yang gigih dan pro terhadap kapitalisme dan perdagangan bebas. Kapitalisme itulah yang digunakan dalam keterlibatan USA dalam perang vietnam.

Rostow menulis dan menerbitkan sebuah buku yang fenomenal sampai saat ini yang berjudul The Stages of Economic Growth: Manifesto Non-Komunis (1960), yang digunakan di beberapa bidang sains sosial yang mengusulkan model pertumbuhan ekonomi lepas landas Rostov, salah satu model pertumbuhan ekonomi utama, yang berpendapat bahwa modernisasi ekonomi terjadi dalam lima tahap dasar panjangnya bervariasi.

Biodata Walt Whitman Rostow
Biodata Walt Whitman Rostow

Nama Lengkap : Walt Whitman Rostow
Lahir                 : Lahir 7 Oktober 1916 Di New York City, New York, A.S
Meninggal        : 13 Februari 2003 (umur 86) di Austin, Texas, A.S
Anak                 : 2
Lulusan             : Yale University (BA, MA, PhD), Balliol College, Oxford (BLitt)
Pekerjaan        : National Security Advisor ( 1 April 1966 - 20 Januari 1969 ), Counselor of the United States Department of State ( 4 Desember 1961 - 31 Maret 1966 ), Director of Policy Planning ( 4 Desember 1961 - 31 Maret 1966 ), Deputy National Security Advisor ( 20 Januari 1961 - 4 Desember 1961).


Keluarga Walt Whitman Rostow
Rostow berasal dari keluarga imigran Yahudi rusia lahir di Manhattan, New York City. Ayahnya bernama Victor dan ibunya bernama Lilian Rostow. Kedua orangtunya merupakan seorang sosialis aktif. Kakak laki-lakinya yang bernama Eugene Rostow merupakan salah satu orang yang memegang pos kebijakan luar negeri pemerintahan yang tinggi. Dengan kata lain keluarga rostow memang sudah terhubung dengan pemerintahan sejak lama sebelum rostow lahir.


Pendidikan Walt Whitman Rostow
Rostow kuliah di Universitas Yale dengan usia yang cukup muda 15 tahun dan karena kepintarannya, rostow mendapatkan beasiswa penuh dan lulus saat usia 19 tahun serta mendapatkan gelar Ph.D. Rostow mendapatkan beasiswa lagi karena menang dalam beasiswa Rhodes untuk belajar di Balliol College, Oxford. Dan terakhir Rostow belajar ilmu ekonomi di Universitas Columbia

Rostow kuliah di Universitas Yale dengan usia yang cukup muda 15 tahun dan karena kepintarannya, rostow mendapatkan beasiswa penuh dan lulus saat usia 19 tahun serta mendapatkan gelar Ph.D. Rostow mendapatkan beasiswa lagi karena menang dalam beasiswa Rhodes untuk belajar di Balliol College, Oxford. Dan terakhir Rostow belajar ilmu ekonomi di Universitas Columbia.


Pekerjaan Walt Whitman Rostow
Pekerjaan Walt Whitman Rostow

Saat terjadi peristiwa Perang Dunia ke 2, Rostow bekerja di bagian kantor pelayanan strategis di bawah William Joseph Donovan. Rostow juga ikut serta dalam memilih target pemboman USA. Pada tahun 1945, Rostow menjabat sebagai asisten kepala divisi ekonomi jerman-austria di Departemen Luar Negeri USA di Washington, D.C. Tahun 1946, rostow menjadi profesor Harold Vyvyan Harmsworth, Oxford. Tahun 1947, Rostov menjadi asisten Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi untuk Eropa dan terlibat pengembangan Marshall Plan.

Rostow merupakan profesor sejarah ekonomi MIT ( Massachusetts Institute of Technology ) dan membantu amerika meningkatkan bantuan luar negeri AS untuk pembangunan sebagai bagian dari kebijakan penyebaran pertumbuhan ekonomi kapitalis ala Amerika di Asia dan tempat lain, yang didukung oleh militer. Rostow merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam program nuklit israel.


Deskripsi: Rostow merupakan salah satu politikus amerika yang berperan penting dalam pembentukan kebijakan USA di asia tenggara selama tahun 1960. Berikut ini profil biodata, biografi, dan fakta walt whitman rostow, tokoh anti komunis dan pro kapitalis terkenal amerika serikat.


Tags: walt whitman rostow, profil walt whitman rostow, biodata walt whitman rostow, biografi walt whitman rostow, fakta walt whitman rostow, tokoh anti komunis terkenal amerika serikat, tokoh pro kapitalis terkenal amerika serikat.


Sumber Gambar :
Gambar 1 : wikimedia.org
Gambar 2 : economist.com
Gambar 3 : speedybooker.com
Gambar 4 : klimg.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel