-->

Realitas Pemasaran Baru


Realitas Pemasaran Baru
Kekuatan Kemasyakarakatan Utama
Keadaan pasar senantiasa berubah-ubah, hal ini dipengaruhi oleh kekuatan kemasyarakatan utama yang menyebabkan terciptanya perilaku baru, peluang baru, dan tantangan baru.

Teknologi Informasi Jaringan
Revolusi digital berhasil menciptakan perubahan era reformasi yang lebih dinamis dari sebelumnya. Era informasi menjanjikan tingkat produksi yang lebih akurat, komunikasi yang lebih tepat sasaran, penetapan harga yan relevan serta meyebabkan era industri dicirikan oleh produksi massal dan konsumsi massal, iklan dimana-mana, dan diskon yang agresif.

Globasasi
Kemajuan teknologi dalam transportasi, pengiriman barang dan, komunikasi telah mmpermudah perusahaan dalam memasarkan produknya ke negara lain sehingga  mempermudah konsumen dalam memperoleh dan membeli produk/jasa dari pemasar di negara lain.

Deregulasi
‘’Deregulasi adalah kebijakan pemerintah untuk mengurangi atau meniadakanaturan Administrasi yang mengekang kebebasan gerak modal,barang, dan jasa. Dengan kebebasan gerak produksi, distribusi, dan konsumsi modal, barang,serta Jasa, diharapkan volume kegiatan bisnis swsta dapat melonjak’’.
Contohnya di Amerika Serikat, undang-undang yang membatasi jasa finansial, telekomunikasi, dan listrik telah dilonggarkan demi menumbuhkan persaingan.

Privatisasi
Banyak negara telah mengubah perusahaan umum menjadi perusahaaan swasta demi meningkatkan efisiensinya, seperti British Airways dan British Telekom di Inggris.

Persaingan Yang Meningkat
Produsen merek menghadapi persaingan yang semakin ketat dari merek domestik, dan asing sehingga menyebabkan biaya promosi meningkat dan margin keuntungan mengecil. Perusahaan-perusahaan eceran kuat membatasi raknya dan juga menggelar merk mereka sendiri untuk bersaing dengan merek nasional         

Konvergensi Industri
Batas-batas industri menghilang karena perusahaan menyadari adanya peluang di persinggungan antara dua industri atau lebih.

Resistensi konsumen
Pandangan konsumen terhadap suatu produk maupun jasa dapat berubah ubah secara cepat. Pemasar perlu memahami resistensi konsumen agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Transformasi eceran
Pengecer kecil menyerah pada pengecer-pengecer raksasa dan ‘’pembunuh kategori’’ pengecer berbasis toko menghadapi persaingan dengan pengecer berbasis katalog; persahaan direct mail;surat kabar;majalah dan iklan TV yang langsung ke pelanggan; TV home shopping serta e-commerce di internet.Untuk menjawab tantangan tersebut, pengecer memasukkan unsur hiburan kedalam toko mereka, seperti kedai kopi, kuliah, demo,dan pertunjukan. Mereka memasarkan ‘’pengalaman’’ alih-alih koleksi produk.

Disintermediasi
Pembeli kini telah memotong perantara (pedagang besar dan pengecer) untuk membeli langsung dari produsen, karena pembeli bisa membayar lebih sedikit. Pembeli dapat memilih alternatif untuk membeli dari grosir.


KEMAMPUAN BARU KONSUMEN
Pelanggan masa kini menganggap perbedaan produk yang satu dengan yang lain hanya beda tipis sehingga mereka kurang loyal terhadap merek. Mereka semakin peka dengan harga dan kualitas dan pencarian mereka akan nilai. Berikut ini hal-hal mengenai apa yang tidak dimilikki konsumen dulu tetapi dimiliki oleh konsumen masa kini:
  1. Peningkatan daya beli. Kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai barang/jasa yang dipasarkan oleh pemasar membuat daya beli semakin meningkat. Pembeli hannya memerlukan satu klik untuk membandingkan harga dan atribut produk pesaing di internet. Mereka bisa bergabung dengan orang lain untuk memperbesar pembelian dan mendapatkan diskon yang lebih besar.
  2. Ragam barang dan jasa yang lebih banyak. Pembeli dapat memesan barang secara online dari mana saja dan menghindari tawaran local yang terbatas. Mereka juga bisa menghemat banyak dengan memesan dari negaralain dengan tingkat harga yang lebih rendah.
  3. Sejumlah besar informasi hampir tentang apa saja. Orang dapat membaca surat kabar apapun dalam bahasa apa saja dan dimana saja. Mereka bisa dengan mudah mengakses apa yang mereka mau termasuk mengetahui rating film sebagai pertimbangan pada saat inginan menonton film dan sumber informasi lainnya yang tidak terhitung banyaknya secara online.
  4. Kemudahan yang lebih besar dalam memesan dan menerima pesanan. Pembeli masa kini dapat melakukan pemesanan dari mana saja, dari kantor,rumah, atau telepon seluler 24 sehari dan dengan cepat menerima barang yang mereka pesan.
  5. Kemampuan untuk membandingkan catatan tentang produk dan jasa. Situs jaringan sosial  menyatukan pembeli yang memiliki nilai yang sama.
  6. Suara yang lebih kuat untuk mempengaruhi teman sepergaulan dan pendapat umum. Internet mendorong timbulnya hubungan personal dam konten yang dihasilkan oleh pengguna melalui media sosial dan jaringan sosial untuk satu kegunaan.


KEMAMPUAN BARU PERUSAHAAN  
Kekuatan-kekuatan baru juga telah menghasilkan kemampuan baru bagi perusahaan-perusahaan masa kini:
a.       Pemasar dapat menggunakan internet sebagai saluran informasi dan penjualan yang kuat, memperluas jangkauan geografis mereka untuk memberi informasi kepada pelanggan dan mempromosikan bisnis serta produk mereka diseluruh dunia.

b.      Para peneliti dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan kaya tentang pasar, pelanggan, prospek, dan pesaing. Mereka juga dapat melakukan riset pemasaran yang baru dengan menggunakan internet untuk mengadakan kelompok fokus , mengirmkan kuesioner, dan mengumpulkan data primer dengan beberapa cara.

c.       Para manajer dapat mempermudah dan mempercepat komunikasi internal diantara pegawai dengan menggunakan internet sebagai internet pribadi. Para karyawan dapat salingbertanya, memberi masukan dan informasi, meng-upload informasi yang dibutuhkan dari dan ke komputer utama perusahaan.

d.      Perusahaan juga dapat mempermudah serta komunikasi eksternal diantara pelanggan dengan menciptakan ‘’gossip’’ online dan offline melalui para duta merek dan komunitas pengguna.

e.       Pemasok dan distributor yang terhubung oleh ekstranet memampukan perusahaan mengirimkan serta  menerima infomasi ,menempatkan pesanan, dan melakukan pembayaran secara lebih efisien. Perusahaan juga dapat berinteraksi dengan pelanggan secara individual sehingga pesan, layanan, dan hubungan menjadi lebih personal.

f.        Pemasar dapat mengirimkan iklan, kupon, sampel, dan informasi kepada pelanggan.

g.      Jangkauan perusahaan terhdapa pelanggan semakin mudah dan luas, termasuk pelanggan yang sedang bepergian dengan mobile marketing.

h.      Perusahaan dapat memproduksi barang-barang yang didiferensiasikan secara individu, baik yang dipesan secara pribadi, melalui telepon atau secara online, berkat kemajuan dalam penyesuaian pabrik, komputer, internet, dan perangkat lunak pemasaran database.

i.        Pembeli korporat bisa melakukan penghematan yang berarti dengan mengunakan internet untuk membandingkan harga penjual dan untuk membeli materil dalam lelang atau dengan menampilkan syarat-syarat mereka sendiri.

j.        Perusahaan juga dapat merekrut karyawan baru secara online serta menyiapkan produk pelatihan internet untuk di-download oleh karyawan, dealer, dan agen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel