Realitas Pemasaran Baru
Kekuatan Kemasyakarakatan Utama
Keadaan pasar
senantiasa berubah-ubah, hal ini dipengaruhi oleh kekuatan kemasyarakatan utama
yang menyebabkan terciptanya perilaku baru, peluang baru, dan tantangan baru.
Teknologi Informasi Jaringan
Revolusi digital berhasil
menciptakan perubahan era reformasi yang lebih dinamis dari sebelumnya. Era
informasi menjanjikan tingkat produksi yang lebih akurat, komunikasi yang lebih
tepat sasaran, penetapan harga yan relevan serta meyebabkan era industri
dicirikan oleh produksi massal dan konsumsi massal, iklan dimana-mana, dan
diskon yang agresif.
Globasasi
Kemajuan teknologi dalam
transportasi, pengiriman barang dan, komunikasi telah mmpermudah perusahaan
dalam memasarkan produknya ke negara lain sehingga mempermudah konsumen dalam memperoleh dan
membeli produk/jasa dari pemasar di negara lain.
Deregulasi
‘’Deregulasi
adalah kebijakan pemerintah untuk mengurangi atau meniadakanaturan Administrasi
yang mengekang kebebasan gerak modal,barang, dan jasa. Dengan kebebasan gerak
produksi, distribusi, dan konsumsi modal, barang,serta Jasa, diharapkan volume
kegiatan bisnis swsta dapat melonjak’’.
Contohnya di
Amerika Serikat, undang-undang yang membatasi jasa finansial, telekomunikasi,
dan listrik telah dilonggarkan demi menumbuhkan persaingan.
Privatisasi
Banyak negara telah mengubah
perusahaan umum menjadi perusahaaan swasta demi meningkatkan efisiensinya,
seperti British Airways dan British Telekom di Inggris.
Persaingan Yang Meningkat
Produsen merek menghadapi persaingan
yang semakin ketat dari merek domestik, dan asing sehingga menyebabkan biaya
promosi meningkat dan margin keuntungan mengecil. Perusahaan-perusahaan eceran
kuat membatasi raknya dan juga menggelar merk mereka sendiri untuk bersaing
dengan merek nasional
Konvergensi Industri
Batas-batas industri menghilang
karena perusahaan menyadari adanya peluang di persinggungan antara dua industri
atau lebih.
Resistensi konsumen
Pandangan konsumen terhadap suatu
produk maupun jasa dapat berubah ubah secara cepat. Pemasar perlu memahami
resistensi konsumen agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat.
Transformasi eceran
Pengecer kecil menyerah pada
pengecer-pengecer raksasa dan ‘’pembunuh kategori’’ pengecer berbasis toko
menghadapi persaingan dengan pengecer berbasis katalog; persahaan direct
mail;surat kabar;majalah dan iklan TV yang langsung ke pelanggan; TV home
shopping serta e-commerce di internet.Untuk menjawab tantangan tersebut,
pengecer memasukkan unsur hiburan kedalam toko mereka, seperti kedai kopi,
kuliah, demo,dan pertunjukan. Mereka memasarkan ‘’pengalaman’’ alih-alih koleksi
produk.
Disintermediasi
Pembeli kini telah memotong
perantara (pedagang besar dan pengecer) untuk membeli langsung dari produsen,
karena pembeli bisa membayar lebih sedikit. Pembeli dapat memilih alternatif
untuk membeli dari grosir.
KEMAMPUAN BARU KONSUMEN
Pelanggan masa
kini menganggap perbedaan produk yang satu dengan yang lain hanya beda tipis
sehingga mereka kurang loyal terhadap merek. Mereka semakin peka dengan harga
dan kualitas dan pencarian mereka akan nilai. Berikut ini hal-hal mengenai apa yang
tidak dimilikki konsumen dulu tetapi dimiliki oleh konsumen masa kini:
- Peningkatan
daya beli. Kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai barang/jasa yang
dipasarkan oleh pemasar membuat daya beli semakin meningkat. Pembeli
hannya memerlukan satu klik untuk membandingkan harga dan atribut produk
pesaing di internet. Mereka bisa bergabung dengan orang lain untuk
memperbesar pembelian dan mendapatkan diskon yang lebih besar.
- Ragam
barang dan jasa yang lebih banyak. Pembeli dapat memesan barang secara
online dari mana saja dan menghindari tawaran local yang terbatas. Mereka
juga bisa menghemat banyak dengan memesan dari negaralain dengan tingkat
harga yang lebih rendah.
- Sejumlah
besar informasi hampir tentang apa saja. Orang dapat membaca surat kabar apapun
dalam bahasa apa saja dan dimana saja. Mereka bisa dengan mudah mengakses
apa yang mereka mau termasuk mengetahui rating film sebagai pertimbangan
pada saat inginan menonton film dan sumber informasi lainnya yang tidak
terhitung banyaknya secara online.
- Kemudahan
yang lebih besar dalam memesan dan menerima pesanan. Pembeli masa kini
dapat melakukan pemesanan dari mana saja, dari kantor,rumah, atau telepon
seluler 24 sehari dan dengan cepat menerima barang yang mereka pesan.
- Kemampuan
untuk membandingkan catatan tentang produk dan jasa. Situs jaringan
sosial menyatukan pembeli yang
memiliki nilai yang sama.
- Suara
yang lebih kuat untuk mempengaruhi teman sepergaulan dan pendapat umum.
Internet mendorong timbulnya hubungan personal dam konten yang dihasilkan
oleh pengguna melalui media sosial dan jaringan sosial untuk satu
kegunaan.
KEMAMPUAN
BARU PERUSAHAAN
Kekuatan-kekuatan
baru juga telah menghasilkan kemampuan baru bagi perusahaan-perusahaan masa
kini:
a. Pemasar
dapat menggunakan internet sebagai saluran informasi dan penjualan yang kuat,
memperluas jangkauan geografis mereka untuk memberi informasi kepada pelanggan
dan mempromosikan bisnis serta produk mereka diseluruh dunia.
b. Para
peneliti dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan kaya tentang
pasar, pelanggan, prospek, dan pesaing. Mereka juga dapat melakukan riset
pemasaran yang baru dengan menggunakan internet untuk mengadakan kelompok fokus
, mengirmkan kuesioner, dan mengumpulkan data primer dengan beberapa cara.
c. Para
manajer dapat mempermudah dan mempercepat komunikasi internal diantara pegawai
dengan menggunakan internet sebagai internet pribadi. Para karyawan dapat
salingbertanya, memberi masukan dan informasi, meng-upload informasi yang
dibutuhkan dari dan ke komputer utama perusahaan.
d. Perusahaan
juga dapat mempermudah serta komunikasi eksternal diantara pelanggan dengan
menciptakan ‘’gossip’’ online dan offline melalui para duta merek dan komunitas
pengguna.
e. Pemasok
dan distributor yang terhubung oleh ekstranet memampukan perusahaan mengirimkan
serta menerima infomasi ,menempatkan
pesanan, dan melakukan pembayaran secara lebih efisien. Perusahaan juga dapat
berinteraksi dengan pelanggan secara individual sehingga pesan, layanan, dan
hubungan menjadi lebih personal.
f.
Pemasar dapat mengirimkan
iklan, kupon, sampel, dan informasi kepada pelanggan.
g. Jangkauan
perusahaan terhdapa pelanggan semakin mudah dan luas, termasuk pelanggan yang
sedang bepergian dengan mobile marketing.
h. Perusahaan
dapat memproduksi barang-barang yang didiferensiasikan secara individu, baik
yang dipesan secara pribadi, melalui telepon atau secara online, berkat
kemajuan dalam penyesuaian pabrik, komputer, internet, dan perangkat lunak
pemasaran database.
i.
Pembeli korporat bisa
melakukan penghematan yang berarti dengan mengunakan internet untuk
membandingkan harga penjual dan untuk membeli materil dalam lelang atau dengan
menampilkan syarat-syarat mereka sendiri.
j.
Perusahaan juga dapat
merekrut karyawan baru secara online serta menyiapkan produk pelatihan internet
untuk di-download oleh karyawan, dealer, dan agen.