Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan, Keinginan, dan permintaan
Kebutuhan
merupakan syarat hidup orang banyak. Orang membutuhkan udara, makanan, air, dan
tempat tinggal. Kebutuhan tersebut akan menjadi keinginan ketika diarahkan ke
objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Seorang konsumen di
amerika serikat membutuhkan makanan, namun mungkin menginginkan hamburger,
kentang goreng, dan minuman ringan. Seseorang Maritus mungkin menginginkan hal
yang berbeda yaitu sebuah mangga, lentil dan kacang polong. Ketika kaingin
tersebut disertai dengan kemampuan untuk membayarnya maka hal ini yang kita
sebut sebagai Permintaan.
Pasar Sasaran, Positioning, dan Segmentasi
Seseorang jarang dapat memuaskan semua orang
dalam suatu pasar. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mempunyai selera yang
sama. Karenanya, pemasar memulai
membagi-bagi pasar kedalam segmen-segmen. Mereka mengidentifikasi dan membuat
profil dari kelompok-kelompok pembeli yang berbeda, yang mungkin lebih menyukai
atau menginginkan bauran produk dan jasa yang beragam, dengan meneliti
perbedaan demografis, psikografis, dan perilaku diantara pembeli. Setelah
mengidentifikasi segmen pasar , pemasar lalu memutuskan segmen mana yang
memberikan peluang terbesar. Segmen itulah yang akan menjadi pasar sasaran.
Penawaran dan Merek
Perusahaan
memenuhi kebutuhan dengan mengajukan sebuah proposisi nilai (propotition value), yaitu serangkaian
keuntungan yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Sedangkan Merek adalah suatu
penawaran dari sumber yang diketahui.
Nilai dan Kepuasan
Nilai
adalah kombinasi dari kualitas, pelayanan dan harga “qsp/quality, service and
price” yang disebut juga dengan tiga elemen nilai pelanggan. Nilai meningkat
dengan meningkatnya kualitas dan pelayanan, sebaliknya menurun dengan
menurunnya harga. Walaupun factor lain dapat memainkan perannya dalam
mempengaruhi persepsi tentang nilai
.Kepuasan
mencerminkan penilaian seseorang tentang
kinerja produk ( atau hasil ) dalam kaitannya dengan ekpektasi. Jika kinerja
prosuk tidak sesuai dengan ekspektasi, maka pelanggan akan kecewa serta
sebaliknya
Saluran Pemasaran
Untuk mencapai target pemasaran, pemasar
biasanya mengunakan 3 jenis saluran pemasaran, yaitu :
- Saluran komunikasi, yaitu menyampaikan dan
menerima pesan dari pembeli sasaran. Saluran ini mencakup surat kabar,
majalah, radio, televisi, papan iklan, dll.
- Saluran distribusi, pemasar menggunakan saluran
ini untuk menggelar, menjual, dan menyammpaikan produk fisik atau jasa
kepada pelanggan. saluran ini mencakup distriibutor pedagang grosir,
pengecer dan agen.
- Saluran Layanan, pemasar menggunakan saluran ini
untuk mengadakan transaksi dengan pelanggan. Saluran ini mencakup Bank,
Gudang, perusahaan asuransi yang membantu perusahaan.
Rantai Pasokan (Supply Chain)
Rantai
pasokan atau Supply chain merupakan saluran yang lebih panjang yang membentang
dari bahan mentah hinggga komponen sampai produk akhir dihantarkan kepada
konsumen.
Persaingan
Persaingan
mencakup semua penawaran dan prosduk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing,
baik yang actual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan oleh
seorang pembeli.
Lingkungan Pemasaran Baru
Lingkungan
Pemasaran terdiri lingkungan tugas dan lingkungan luas. Lingkungan tugas
mencakup para pelaku yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi
penawaran, termasuk didalamnya adalah perusahaan, pemasok, distributor, dealer
dan pelanggan sasaran.
Sedangkan
lingkungan bisnis terdiri atas 6 komponen : lingkungan demografis, lingkungan ekonomi,
lingkungan fisik, lingkungan teknologi,
lingkungan politik-hukum, dan lingkungan social budaya.