-->

Konsep Inti Pemasaran



Konsep Inti Pemasaran

Kebutuhan, Keinginan, dan permintaan
Kebutuhan merupakan syarat hidup orang banyak. Orang membutuhkan udara, makanan, air, dan tempat tinggal. Kebutuhan tersebut akan menjadi keinginan ketika diarahkan ke objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Seorang konsumen di amerika serikat membutuhkan makanan, namun mungkin menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman ringan. Seseorang Maritus mungkin menginginkan hal yang berbeda yaitu sebuah mangga, lentil dan kacang polong. Ketika kaingin tersebut disertai dengan kemampuan untuk membayarnya maka hal ini yang kita sebut sebagai Permintaan.

Pasar Sasaran, Positioning, dan Segmentasi
 Seseorang jarang dapat memuaskan semua orang dalam suatu pasar. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mempunyai selera yang sama.  Karenanya, pemasar memulai membagi-bagi pasar kedalam segmen-segmen. Mereka mengidentifikasi dan membuat profil dari kelompok-kelompok pembeli yang berbeda, yang mungkin lebih menyukai atau menginginkan bauran produk dan jasa yang beragam, dengan meneliti perbedaan demografis, psikografis, dan perilaku diantara pembeli. Setelah mengidentifikasi segmen pasar , pemasar lalu memutuskan segmen mana yang memberikan peluang terbesar. Segmen itulah yang akan menjadi pasar sasaran.

Penawaran dan Merek
Perusahaan memenuhi kebutuhan dengan mengajukan sebuah proposisi nilai (propotition value), yaitu serangkaian keuntungan yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Sedangkan Merek adalah suatu penawaran dari sumber yang diketahui.

Nilai dan Kepuasan
Nilai adalah kombinasi dari kualitas, pelayanan dan harga “qsp/quality, service and price” yang disebut juga dengan tiga elemen nilai pelanggan. Nilai meningkat dengan meningkatnya kualitas dan pelayanan, sebaliknya menurun dengan menurunnya harga. Walaupun factor lain dapat memainkan perannya dalam mempengaruhi persepsi  tentang nilai
.Kepuasan mencerminkan  penilaian seseorang tentang kinerja produk ( atau hasil ) dalam kaitannya dengan ekpektasi. Jika kinerja prosuk tidak sesuai dengan ekspektasi, maka pelanggan akan kecewa serta sebaliknya

Saluran Pemasaran
 Untuk mencapai target pemasaran, pemasar biasanya mengunakan 3 jenis saluran pemasaran, yaitu :
  • Saluran komunikasi, yaitu menyampaikan dan menerima pesan dari pembeli sasaran. Saluran ini mencakup surat kabar, majalah, radio, televisi, papan iklan, dll.
  • Saluran distribusi, pemasar menggunakan saluran ini untuk menggelar, menjual, dan menyammpaikan produk fisik atau jasa kepada pelanggan. saluran ini mencakup distriibutor pedagang grosir, pengecer dan agen.
  • Saluran Layanan, pemasar menggunakan saluran ini untuk mengadakan transaksi dengan pelanggan. Saluran ini mencakup Bank, Gudang, perusahaan asuransi yang membantu perusahaan.
Rantai Pasokan (Supply Chain)
Rantai pasokan atau Supply chain merupakan saluran yang lebih panjang yang membentang dari bahan mentah hinggga komponen sampai produk akhir dihantarkan kepada konsumen.

Persaingan
Persaingan mencakup semua penawaran dan prosduk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing, baik yang actual maupun yang potensial, yang mungkin dipertimbangkan oleh seorang pembeli.

Lingkungan Pemasaran Baru
Lingkungan Pemasaran terdiri lingkungan tugas dan lingkungan luas. Lingkungan tugas mencakup para pelaku yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi penawaran, termasuk didalamnya adalah perusahaan, pemasok, distributor, dealer dan pelanggan sasaran.
Sedangkan lingkungan bisnis terdiri atas 6 komponen : lingkungan demografis, lingkungan ekonomi, lingkungan fisik,  lingkungan teknologi, lingkungan politik-hukum, dan lingkungan social budaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel