Pentingnya Pemasaran dan Ruang Lingkup Pemasaran
Pentingnya Pemasaran
Kesuksesan
finansial sering bergantung pada kemampuan pemasaran. Finansial, operasi,
akuntansi, dan fungsi bisnis lainnya tidak akan berarti jika tidak ada cukup
permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan bisa menghasilkan
keuntungan. Harus ada pendapatan agar laba didapat. Banyak perusahaan kini
telah menciptakan posisi Chief Marketing Officer atau CMO untuk
meletakkan pemasaran pada posisi yang lebih setara dengan eksekutif tingkat C
lainnya, seperti Chief Executive Officer (CEO) dan Chief Financial
Officer (CFO).
Membuat keputusan yang benar tentang
perubahan tidak selalu mudah. Para manajer pemasaran harus memutuskan fitur apa
yang harus diciptakan pada produk, harga yang ditawarkan kepada pelanggan,
dimana mereka harus menjual produk, dan berapa jumlah anggaran yang harus
dihabiskan untuk iklan, penjualan, atau internet.
Ruang Lingkup Pemasaran
Apa itu Pemasaran ?
Inti dari Pemasaran
(marketing) adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.
Salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran adalah “ Memenuhi
kebutuhan dengan cara yang menguntungkan”
American Marketing Association (AMA)
menawarkan definisi formal berikut : Pemasaran adalah suatu fungsi
organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan
memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan
cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Manajemen
Pemasaran (Marketing management) sebagai seni dan
ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan
pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai
pelanggan yang unggul.
Seorang pemasar
berkata bahwa peran pemasaran adalah untuk “memberikan standar kehidupan yang
lebih tinggi”. Berikut definisi sosial yang memenuhi maksud kami : Pemasaran
adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara
bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain.
Para manajer terkadang menganggap
pemasaran sebagai “seni menjual produk”, namun banyak orang terkejut ketika
mendengar bahwa menjual bukanlah bagian terpenting dari pemasaran. Menjual
hanyalah ujung dari gunung es pemasaran. Peter Drucker, ahli teori manajemen
terkemuka , menjelaskan sebagai berikut :
Selalu
akan ada kebutuhan akan penjualan. Namun tujuan dari pemasaran adalah membuat
penjualan berlimpah. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan
dengan baaik sehingga produk atau jasa bisa sesuai dengan kebutuhannya sehingga
terjual sendiri.Idealnya, pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang
siap untuk membeli. Dengan demikian yang dibutuhkan hanyalah memastikan produk
dan jasa tersedia.
Apa
yang Dipasarkan ?
Orang-orang
pemasaran memasarkan 10 tipe entitas : barang, jasa, acara, pelanggan, orang,
tempat, properti (hak kepemilikkan),organisasi, informasi, dan ide.
BARANG
Barang-barang
fisik merupakan bagian terbesar dari usaha produksi dan pemasaran kebanyakan
negara. Setiap tahun. perusahaan-perusahaan di dunia kebanyakan memasrakan
barang yang mereka produksi dari mulai makanan, alat transportasi, pakaian,
perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi barang lainnya. Pemasaran
tidak hanya dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang saja, bahkan kini
dengan perkembangan informasi dan teknologi, individu mulai memasarkan
barang-barang melalui berbagai media terutama internet yang merupakan media
termurah dan sarana pemasaran yang cukup efektif.
JASA
Ketika ekonomi
maju, semakin besar porsi aktivitas ekonomi yang berfokus pada produksi jasa.
Jasa mencakup pekerjaan maskapai udara, hotel, perusahaan penyewaan pengacara,
insiyur, dokter, programer piranti lunak, dan konsultan manajemen. Banyak
tawaran pasar yang terdiri dari perpaduan antara barang dan jasa. Di restoran makanan cepat saji,
misalnya pelanggan mengkonsumsi baik produk maupun jasa. Semua produk jasa ini
membutuhkan pemasaran yang efektif guna mendapatkan klien mereka sehinngga
dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Pemasaran dilakukan
diantaranya untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan selaku pengguna
jasa dari perusahaan.
ACARA
Pemasar juga
digunakan untuk memasarkan acara-acara khusus guna menyebarkan kepada khalayak
ramai bahwa sedang terjadi acara khusus tersebut. Pemasar mempromosikan acara
berdasarkan waktu, seperti pameran dagang, pertunjukan seni, dan ulang tahun
perusahaan. Acara olahraga dunia seperti Olimpiade dan Piala dunia dipromosikan
secara agressif baik kepada perusahaan maupun penggemar. Dengan rating penonton
yang tinggi, memungkinkan penyelenggara untuk mendapatkan lebih banyak sponsor
yang mau membiayai mereka untuk menyelenggarakan acara tersebut.
PENGALAMAN
Dengan memadukan
beberapa jasa dan barang, sebuah perusahaan dapat menciptakan, memamerkan, dan
memasarkan pengalaman. Sebagai contoh adalah Taman impian Jaya Ancol, disini di
tawarkan kepada konsumen berbagai pengalaman rekreasi dan mulai bermain di
dunia fantasi, melihat ikan di akuarium
sea world Indonesia, menikmati indahnya pantai ancol, dan masih banyak lagi
pengalaman yang ditawarkan. Pada intinya pemasaran juga dapat digunakan untuk
memasarkan pengalaman-pengalaman tersebut kepada masyarakat baik itu untuk
tujuan komersial maupun tujuan non komersial.
ORANG
Pemasaran
selebriti adalah bisnis yang besar. Dari mulai tokoh politik, Artis, musisi,
CEO, dokter, pengacara, olahragawan, dan ahli keuangan kelas atas, dan
profesional lainnya. Semua orang-orang ini membutuhkan pemasaran yang mengelola
mereka sehingga mereka tetap dibutuhkan oleh masyarakat sehingga karier mereka
pun akan terus berlanjut.
TEMPAT
Kota, negara
bagian, kawasan dan seluruh bangsa bersaing secara aktif untuk menarik turis,
wisatawan, pabrik, kantor pusat perusahaan, dan pemukiman baru. Pemasaran
berperan sangat penting untuk menarik semua orang-orang itu. Pemasar tempat
mencakup spesialis pengembangan ekonomi, agen real estate, bank komersial,
asosiasi bisnis lokal, serta agen periklanan dan hubungan masyarakat.
PROPERTI
Properti adalah hak kepemilikan tak berwujud,
baik itu benda nyata atau properti sebenarnya (real estate) atau properti
finansial (saham dan obligasi). Properti itu diperjual belikan dan itu menuntut
adanya pemasaran. Agen real estate bekerja atas nama pemilik atau pencari
properti guna menjual atau membeli real estate untuk keperluan komersial atau
tempat tinggal. Perusahaan investasi dan bank memasarkan sekuritas, baik itu
kepada investor yang bersifat kelembagaan atau pun perseorangan.
ORGANISASI
Organisasi secara
aktif bekerja untuk membangun citra yang baik, kuat dan menyenangkan dalam
pikiran masyarakat publiknya. Organisasi-organisasi baik itu komersial atau pun
non komersial ini menggunakan pemasaran untuk mendorong citra publik mereka dan
bersaing untuk mendapatkan khalayak dan dana.
INFORMASI
Informasi dapat
diproduksi dan dipasarkan sebagai sebuah produk. Dari mulai berita, pendidikan,
pelatihan, dan informasi lainnya menggunakan pemasaran untuk mendapatkan
perhatian publik agar mereka mau menggunakan informasi yang mereka produksi.
IDE
Setiap penawaran
pasti mengandung sebuah ide atau gagasan dasar. Charles Revson dan Revlon
pernah mengamati : “Di pabrik kami membuat kosmetik; di toko kami menjual
harapan.” Produk dan jasa adalah landasan untuk menghasilkan ide atau manfaat.
Pemasar sosial sibuk mengembangkan ide seperti “Teman tidak membiarkan temannya
mengemudi dalam keadaan mabuk” , “Pikiran tidak boleh di sia-sia kan” ,
“katakan tidak pada Narkoba”, “Selamatkan Hutan kita” , dan lain sebagainya.
Siapa yang memasarkan ?
PEMARSAR DAN
PROSPEK
pemasar (marketer) adalah seseorang yang mencari respon-perhatian,
pembelian, dukungan, sumbangan-dari pihak Iain yang disebut prospek (prospect),
jika dua pihak ingin menjual sesuatu satu sama Iain kita menyebut kedua pihak
tersebut itu pemasar.
Tujuan organisasi
ada 8 permintaan yang mungkin terjadi
1. Permintaan
negative: konsumen tidak menyukai produk dan mungkin akan menjauhi nya
2. Permintaan yang tidak ada: konsumen mungkin
tidak sadar akan atau tidak tertarik pada produk
3. Permintaan laten: konsumen mungkin memiliki
sesuatu kebutuhan yang kuat yang mungkin tidak bisa di penuhi produk yang ada
4. Permintaan
yang menurun: konsumen mulai jarang membeli produk atau tidak membeli sama
sekali
5. Permintaan tidak teratur: konsumen membeli secara
musiman bulanan mingguan harian atau bahkan dalam hitungan j am
6. Permintaan
penuh: konsemune membeli produk yang di lempar ke pasar
7. Permimtaan berlimpah: konsumen mau membeli produk
lebih banyak daripada produk yang ada
8. Permintaan tak sehat: konsemen mungkin tertarik pada
produk yang di miliki konsekuensi sosial yang tidak di inginkan
PASAR: Secara tradisonal pasar adalah tempat fisik
dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual barang,para
ekonom mendeskripsikan pasar sebagai kumpulan pembeli dan penjual yang
bertransaksi atas suatu produk atau suatu kelas produk tertentu.
Pemasar sering menggunankan nama pasar untuk
mencangkup berbagai pengelompokan pelanggan.mereka memandang penjual sebagai
industri dan pembeli sebagai pasar. Mereka berbicara tentang pasar kebutuhan,pasar
produk,pasar demografis,pasar geografis atau mereka mengembangkan konsep
tersebut untuk mencangkup jasa pasar lain nya,seperti pasar pemilih
PASAR KONSUMEN : Perusahaan yang menjual kebutuhan konsumen dan jasa
dalam jumlah yang besar seperti minuman dan lain lain,Mereka juga bisa
mengembangkan usaha nya dengan merk yang unggul,sebagoan besar merk bergantung
pada pengembangan produk dan kemasan yang unggul
PASAR BISNIS:
Perusahaan yang menjual produk dan jasa untuk bisinis sering menghadapi pembeli
propesional yang terlatih dan di bekali informasi yang cukup yang terampil
dalam mengevaluasi pemasaran,Pembeli bisnis membeli barang untuk membuat atau
menjual kembali produk kepada orang lain.
PASAR GLOBAL: Perusahaan yang menjual barang dan jasa di pasar global
menghadapi keputusan dan tantangan tambhan,Mereka harus menentukan Negara mana
yang akan di masuki.bagaimana memasuki masing masing Negara.
PASAR NIRLABA DAN PEMERINTAH.: Perusaahan yang menjual barang nya ke organisasi
nirlaba seperti organisasi kampus dan lembaga pemerintahan perlu menetapkan
harga dengan seksama,karna pembeli mempunyai daya beli yang terbatas,harga jual
lebih rendah mempengaruhi fitur dan dan kualitas yang biasa di tawarkan
penjual.kebanyakan pembeli oleh pemerintah menggunakan system tender dan
pembeli sering kali lebih memilih tawaran yang lebih rendah tanpa factor
factor yang mengurangi kualitas barang.
PASAR,RUANG PASAR DAN METAMARKET :
Pasar bersifat fisik,Ruang
pasar bersifat digital .Mohan sawhney dari Northwestern menawarkan konsep
metamarket untuk menjelaskan sekelompok produk dan jasa komplomenter yang terkait erat dalam benak konsumen namun terbesar
dalam industry, Metamarket otomotif terdiri atas produsen otomotif,dealer
mobil, dan mobil bekas,.
PEMASARAN DALAM PRAKTIK
: Bagaimana Pemasaran di
lakukan? Pemasaran tidak hanya di lakukan oleh dapartemen pemasarn
saja.pemasaran harus mempengaruhi setiap aspek dari pengalaman
pelanggan,Artinya pemasar harus mengelola dengan baik setiap komponen dengan
pelanggan yaitu Layout stok,kemasan baru dan lain lain
Untuk menciptakan organisasi yang
kuat pemasar harus berfikir seperti eksekutif dapartemen Iain nya juga ,Umum
nya perusahaan membntuk dapartemen pemasaran guna bertanggung jawab untuk
menciptakan serta memberikan nilai kepada pelanggan ,jadi banyak perusahaan
mulai menekan kerja tim antar dapartemen untuk mengelola proses
kunci.perusahaan juga menekankan lebih pada manajemen proses bisnis inti
Dalam praktiknya manajemen pemasaran mengikuti sebuah
proses logis,Proses perencanaan pemasaran terdiri atas terhadap peluang
pemasaran dam pengelola upaya upaya pemasaran
Ada lima kunci fungsi seorang CMO dalam memimpin
pemasan di dalam organisasi adalah:
1. Memperkuat merk
2. Mengukur keefektifan pemasaran
3. Mengarahkan
pengembangan produk baru yang di dasari atas kebutuhan pelanggan
4. Mengumpulkan ide ide dari pelanggan
5. Menggunankan teknologi pemasaran yang baru