-->

Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan

 Mengumpulkan  Informasi dan Memindai Lingkungan


1. Komponen Sistem Informasi Pemasaran Modern

        Meskipun setiap manejer dalam setiap organisasi harus meniliti lingkungan luar,tanggung jawab utama untuk megidentifikasi perubahan pasar yang signifikan terletak di bahu perusahaan. Mereka mempunyai dua keunggulan, yaitu: mereka mempunyai metode disiplin untuk mengumpulkan informasi, dan mereka menghabiskan lebih banyak waktu dibandingkan karyawan lainnya untuk berinteraksi dengan pelanggan dan meniliti persaingan serta perusahaan dan kelompok lainnya.
Beberapa perusahaan telah mengembangkan sistem informasi pemasaran yang memberikan rincian yang mendalam kepada manajemen tentang keinginan, prefensi,dan perilaku pembeli.
Pemasar juga mempunyai banyak informasi tentang bagaimana pola konsumsi bervariasi lintas negara. Dalam basis perkapita di Eropa Barat,misalnya orang Swiss paling banyak mengkonsumsi coklat, orang Yunani paling banyak mengkonsumsi keju, orang Irlandia paling banyak mengkonsumsi teh, dan orang Austria paling banyak merokok.
Masalahnya, banyak perusahaan bisnis belum ahli dalam mengumpulkan informasi. Ada banyak perusahaan yang belum mempunyai departemen riset pemasaran. Perusahaan lain hanya mempunyai departemen yang membatasi kerjanya pada peramalan rutin, analisis penjualan, dan sedikit survei. Biasanya beberapa manajer mengeluh karena tidak mendapatkan terlalu banyak informasi yang tidak dapat mereka gunakan dan terlalu sedikit informasiyang benar-benar mereka perlukan, dan terlambat mendapatkan informasi yang penting.
Setiap perusahaan harus mengelola dan mendistribusikan aliran informasi berkelanjutan bagi manajer pemasarannya. Sistem Informasi Pemasaran, MIS ( Marketing Information System) terdiri dari orang-orang, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, tepat waktu dan akurat bagi pengambil keputusan pemasaran. Sistem informasi pemasaran bergantung pada catatan informasi perusahaan.





2. Catatan Internal dan Intelejen Pemasaran

Manajer pemasaran mengandalkan laporan internal pesanan, penjualan, harga, biaya, tingkat persediaan, piutang, utang, dan seterusnya. Dengan menganalisis ini mereka menemukan berbagai peluang dan masalah penting.

A. Siklus Pesanan-sampai-pembayaran

Inti sistem pencatatan internal adalah siklus pesanan-sampai-pembayaran. Perwakilan penjualan, penyalur, dan pelanggan mengirimkan pesanan ke perusahaan. Departemen penjualan menyiapkan tagihan, mengirimkan salinannya ke berbagai departemen dan memesan ulang barang-barang yang habis. Barang-barang yang dikirmkan ini menghasilkan dokumen pengiriman dan penagihan yang dikirimkan ke berbagai departemen.
Perusahaan masa kini harus melakukan langkah-langkah ini dengan cepat dan akurat, karena pelanggan menyukai perusahaan yang dapat melakukan pengiriman dengan tepat waktu.

B. Sistem Informasi Penjualan

Manajer pemasaran memerlukan laporan yang tepat waktu dan akurat tentang penjualan yang terkini. Wal-Mart mengoperasikan gudang data penjualan dan persediaan yang menyimpan data  semua barang untuk semua pelanggan, setiap hari, setiap toko dan Wal-Mart selalu memperbaruinya setiap jam. Sebagai contoh, staf TI kantor pusat masuk ke gudang data pada pagi hari setelah Thanksgiving dan memperhatikan bahwa penjualan monitor komputer khusus di hari libur East Coast jauh di bawah harapan. Staf pemasaran menghubungi toko dan mempelajari bahwa komputer dan monitor tidak dipajang bersama, sehingga pembeli potensial tidak dapat melihat apa yang mereka akan dapatkan untuk harga yang dipasang. Panggilan telepon pun dipasang di seluruh toko Wal-Mart di seluruh pelosok negara untuk mengatur kembali tampilan tersebut. Pada 9:30 pagi itu, tingkat penjualan tampak meningkat pada database perusahaan. Wal-Mart juga mengirimkan pesanan semalam kepada banyak pemasoknya untuk pengiriman stok pengganti yang baru, bahkan mempercayai bebrapa perusahaan seperti Procter dan Gamble untuk mengelola persediaan Wal-Mart
Gadget teknologi mengubah sistem informasi dan memungkinkan wiraniaga mempunyai informasi terbaru dari detik ke detik. Perusahaan harus menterjemahkan data penjualan secara hati-hati agar tidak menarik kesimpulan yang salah. Michael Dell memberikan ilustrasi ini : “Jika anda mempunyai tiga mobil mustang kuning terpajang di ruang penyalur dan pelanggan menginginkan mobil Mustang merah, kalau si wiraniaga bisa membujuk si pelanggan itu untuk membeli Mustang kuning,perusahaan bisa salah dalam menangkap kesan bahwa pelanggan senang dengan Mustang berwarna kuning (padahal yang disukai adalah yang merah)

C. Database, Gudang Data, dan Penggalian Data

Saat ini perusahaan mengelola informasi mereka dalam database-database pelanggan, database produk, database wiraniaga dan kemudian menggabungkan data dari berbagai database. Contoh: database pelanggan berisi semua nama pelanggan, alamat transaksi masa lalu, dan terkadang bahkan data demografis dan psikografis (kegiatan, minat dan pendapat). Alih-alih mengirimkan surat “pengebom” massal yang berisi penawaran baru kepada semua pelanggan dalam database-nya, perusahaan dapat menentukan peringkat pelanggannya menurut pembelian terakhir, frekuensi dan nilai moneter (RFM) serta hanya mengirimkan penawaran kepada pelanggan yang memiliki nila tertinggi. Selain menghemat pengeluaran surat, manipulasi data ini sering mencapai tingkat respon dua digit.
Perusahaan membuat data-data ini (data wharehousing) dan membuatnya mudah di akses oleh pengambil keputusan. Selanjutnya dengan memperkerjakan analisi yang memiliki keahlian dalam metode statistik yang rumit, perusahaan dapat “mengenali” data (data mining) dan mengumpulkan pengetahuan baru tentang segmen pelanggan yang terabaikan, dan informasi yang berguna lainnya.

D. Sitem Intelejen Pemasaran

Sistem catatan internal memberikan data hasil, tetapi sistem intelejen pemasaran memberikan data saat ini (happenings). Sistem Intelejen Pemasaran (Marketing Intelegence System) adalah kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan manajer untuk mendapatkan informasi harian tentang berbagai perkembangan dalam lingkungan pemasaran. Manajer pemasaran mengumpulkan intelejen pemasaran dengan membaca buku, surat kabar dan publikasi dagang, berbicara dengan pelanggan, pemasok dan distributor, mengamati “media sosial” di internet melalui kelompok diskusi online, daftar e-mail, dan blog dan melakukan pertemuan dengan manajer lain.
Sebuah perusahaan dapat mengambil beberapa langkah untuk mengkatkan kualitas intelijen pemasarannya.
Melatih dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan data mealorkan perkembangan baru. Perusahaan harus “menjual” tenga penjualannya berdasarkan arti penting mereka sebagai pengumpul intelejen. Grace Performance Chemicals, salah satu divisi W.R.Grace, memasok bahan dan zat kimia untuk industri kontuksi dan kemasan. Wiraniaga grace diperintahkan untuk mengamati cara-cara inovatif pelanggan dalam memakai produknya agar mereka dapat memberikan usulan kemungkinan produk baru. Sebagai contoh, beberapa pelanggan menggunakan bahan kedap air grace untuk membuat mobil dan sepatu bot dan tenda mereka kedap suara. Tujuh ide produk baru muncul,dan nilai penjualannya bernilai jutaan dolar
Memotivasi distributor, pengecer, dan perantara lain untuk menyampaikan intelejen yang penting. Banyak perusahaan memperkerjakan spesialis untuk mengumpulkan intelejen pemasaran.penyedia layanan dan pengecer sering mengirimkan pembelanjaan misterius ke toko-toko mereka untuk menilai kebersihan fasilitas, kualitas produk, dan cara   karyawan memperlakukan pelanggan. Pelanggan misterius McDonal’s menemukan bahwa hanya 46% restorannya di seluruh AS yang memnuhi standart kecepatan layanan internal, mendorong perusahaan untuk memikirkan lagi proses dan pelatihan mereka.
Membentuk jaringan eksternal. Perusahaan dapat membeli produk pesaing,menghadiri open house dan pameran dagang,membaca laporan terbitan pesaing,menghadiri rapat pemegang saham, berbicara dengan karyawan, penyalur, distributor, pemasok, dan agen pengiriman, mengumpulkan iklan pesaing, dan mencari berita baru tentang pesaing.
Membentuk panel penasihat pelanggan. Sensus AS tahun 2000 memberikan tinjauan mendalam terhadap perpindahan populasi,kelompok demografi,migrasi regional,dan perubahan struktur keluarga dari 281.421.906 orang. Pemasar sensus Claritas mereferensi-silangkan angka-angka sensus dengan survei konsumen dan riset akar rumputnya sendiri untuk klien-klien seperti Proctor& Gamble, Dow Jones, dan Ford motor Co. Bermitra dengan “perusahaan penyedia daftar” yang meyediakan telepon pelanggan dan informasi alamat, Claritas dapat membantu perusahaan memilih dan membli daftar surat-menyurat kelompok tertentu
Membeli Informasi dari Pemasok Luar. Pemasok data terkenal meliputi A.C.Nielsen Company dan Information Resources Inc. Perusahaan ini mengumpulkan data panel konsumen dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan bila mereka mengelola datanya sendiri.
Menggunakan sistem umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelejen kompetitif. Dewan peninjau pelanggan, forum diskusi, ruang chatting, dan blog dapat mendistribusikan penilaian produk atau pemasok yang dilakukan pelanggan hingga sejumlah besar pembeli potensial lain dan tentu saja bagi pemasar yang mencari informasi tentang persaingan.


3. Menganalisis Lingkungan Makro

A. Kebutuhan dan Tren

Pengusaha individu dan perusahaan selalu berusaha menciptakan solusi Baru terhadap kebutuhan yang belum terpenuhi. Seorang manajer pemasaran memerlukan yang namanya fad, tren, dan megatren. Fad adalah sesuatu yang tidak dapat diperkirakan berumur pendek dan tanpa signifikansi, sosial, ekonomi, dan politik. 
Tren adalah arah atau urutan kejadian yang mempunyai momentum dan durabilitas. Trend merupakan bentuk masa depan dan memberikan banyak peluang.
Megatren  digambarkan sebagai perubahan besar dalam, sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang lambat terbentuk dan setelah terjadi perubahan itu mempengaruhi kita untuk sementara waktu antara 7 dan 10 tahun atau bahkan lebih lama.

B. Mengidentifikasi Kekuatan Utama

Perusahaan dan pemasok nya, perantara pemasaran, pelanggan, pesaing, dan publik semuanya beroperasi dalam kekuatan dan tren lingkungan makro yang semakin global dan membentuk peluang dan menghadirkan ancaman. Kekuatan ini mempresentasikan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan yang harus diamati dan harus direspon oleh perusahaan.
Awal abad baru membawa sederet tantangan baru yaitu penurunan tajam pasar saham yang mempengaruhi tabungan, investasi, dan dana pensiun meningkatnya tingkat pengangguran, skandal korporat, dan tentu saja kebangkitan terorisme. Kejadian-kejadian dramatis ini disertai dengan berlanjutnya tren lama yang sangat mempengaruhi lanskap global pada tahun 2005, ada semakin banyak transistor yang diproduksi dibandingkan butiran beras, pemirsa pembaca blog as sudah mencapai 20% ukuran populasi pembaca surat kabar dan konsumsi minyak dunia yang rakus diperkirakan akan meningkat 50% pada tahun 2030. Dalam gambaran Global yang berubah dengan cepat perusahaan harus mengamati enam kekuatan utama yaitu demografi, ekonomi, sosial budaya, alam, teknologi, dan politik hukum. Kita akan menggambarkan kekuatan kekuatan ini secara terpisah tetapi pemasar harus memperhatikan interaksi mereka karena hal ini akan menimbulkan peluang dan ancaman baru, sebagai contoh ledakan pertumbuhan populasi menyebabkan lebih banyaknya pengurangan sumber daya dan polusi yang menyebabkan konsumen membutuhkan lebih banyak undang-undang atau politik hukum yang merangsang solusi teknologi baru dan produk dimana, jika produk itu terjangkau dapat benar-benar mengubah sikap dan perilaku.


4. Lingkungan Demografi

Kekuatan demografis utama yang diamati pemasar adalah polulasi, karena maayarakat adalah pembentuk pasar. Pemasar sangat tertarik pada pertumbuhan populasi di suatu daerah.

A. Pertumbuhan Populasi Dunia

Jika dunia suatu desa yang berpenduduk 1000 orang, maka desa itu akan terdiri dari 520 wanita dan 480 pria, 330 anak- anak, orang dewasa, 60 orang berusia 65 tahun keatas, 10 lulusan perguruan tinggi, dan 335 orang dewasa tak terdidik.  Desa tersebut akan terdiri 52 orang Amerika Utara, 55 orang Rusia, 84 orang Amerika Latin, 95 orang Eropa Timur, dan Barat 124 orang Afrika dan 584 orang Asia komunikasi yang sulit karena 165 orang berbahasa Mandarin, 86 berbahasa Inggris, 83 orang berbahasa Hindu, 64 berbahasa Spanyol, 58 orang berbahasa Rusia, dan 37 berbahasa Arab, serta sisanya akan berbicara dalam satu dari 200 lebih bahasa lain akan ada 329 orang Kristen, 178 orang Muslim, 132 orang Hindu 62, orang Budha 3 orang Yahudi, 167 orang tidak beragama, 45 orang atheis, dan 84 lainnya. 
  Ledakan populasi menjadi sumber kekuatiran utama disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi di negara-negara komunitas kurang mampu. Daerah-daerah yang kurang berkembang di dunia kini  menduduki sekitar 76% populasi dunia dan tumbuh pada tingkat 2% per tahun sementara populasi di negara-negara yang lebih maju tumbuhan nya 0,6% pertahun, di negara berkembang tingkat kematian turun akibat pengobatan modern tetapi tingkat kelahiran tetap stabil. Memberi makan, pakaian, dan pendidikan kepada anak-anak meskipun standar hidup juga meningkat adalah sesuatu yang hampir mustahil di negara-negara ini.
  Pertumbuhan populasi yang eksplosif memberi implikasi besar pada bisnis. Populasi yang sedang tumbuh tidak serta merta menggambarkan pertumbuhan pasar kecuali pasar ini mempunyai daya beli yang cukup besar. Bagaimanapun perusahaan yang menganalisis pasar mereka secara seksama dapat menemukan peluang besar.

B. Bauran Usia Populasi

Populasi Nasional mempunyai bauran usia yang beragam. Salah satu tempat bauran usia yang ekstrem terdapat di Meksiko sebuah negara dengan populasi yang sangat muda dan pertumbuhan populasi yang cepat. Pada tingkat ekstrem lainnya terdapat Jepang salah satu negara dengan populasi tertua di dunia, susu, popok, peralatan sekolah, dan mainan akan menjadi produk penting di Meksiko dibanding di Jepang. Secara umum di dunia ini ada trend Global menuju populasi yang menua. Pada tahun 2005 populasi penduduk 60 tahun lebih sudah melebihi proporsi populasi penduduk berusia dibawah 5 tahun dan tampaknya jumlah balita akan lebih sedikit dibanding orang Lanjut Usia. Pemasar biasanya membagi populasi menjadi 6 kelompok usia, anak-anak Prasekolah, anak-anak usia sekolah, remaja pemuda usia 20 tahun sampai 40 tahun, dewasa paruh baya usia 40 sampai 65 tahun, dan dewasa lanjut usia 65 tahun keatas. Beberapa pemasar fokuskan diri pada kohort atau kelompok. Kohort  adalah kelompok individu yang lahir sepanjang periode yang sama dan menjalani hidup pada masa-masa yang sama.


C. Pasar Etnis dan Pasar Lainnya 

Banyak negara terdiri dari beragam etnis dan ras. Pada salah satu tingkat ekstrem terdapat negara Jepang, dimana hampir semua warganya adalah orang Jepang, dipihak lain ada Amerika serikat, yang warganya datang dari berbagai negara. Perusahaan bergerak cepat untuk memperbaiki produk mereka dan pemasaran mereka untuk menjangkau kelompok konsumen yang paling berpengaruh dan tumbuh paling cepat. Beberapa perusahaan makanan, pakaian dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi mereka pada satu atau lebih kelompok etnis. Tetapi pemasar harus berhati-hati untuk tidak melakukan generalisasi secara berlebihan. Dalam kelompok etnis, ada konsumen yang cukup berbeda dari konsumen lainnya.”tidak ada yang lebih beragam dari pasar Asia” - kata Greg Macabenta. Macabenta menekankan bahwa lima kelompok utama Asia Amerika memiliki karakteristik pasar spesifik mereka sendiri, berbicara dalam bahasa yang berbeda, mengkonsumsi makanan yang berbeda, mempraktikkan agama yang berbeda, dan merepresentasikan budaya nasional yang sangat berbeda. 

D. Kelompok Terdidik 

Populasi di semua masyarakat dibagi menjadi lima kelompok pendidikan : kelompok tidak terdidik, tidak lulus SMU, lulus SMA, lulusan perguruan tinggi, dan tingkat profesional. Lebih dari dua pertiga dari 785 juta orang dewasa tidak terdidik di dunia hanya ditemukan di delapan negara yaitu: India, Cina, Bangladesh, Pakistan, Nigeria, Ethiopia, Indonesia, Dan Mesir. Dari semua orang dewasa tidak terdidik di dunia, dua pertiganya adalah wanita. Amerika Serikat merupakan salah satu negara di dunia yang mempunyai warga negara lulusan perguruan tinggi dengan persentase tertinggi, sekitar 36%. Disebabkan adanya tinggi permintaan akan buku berkualitas, majalah bermutu, dan paket perjalanan yang bagus, serta pasokan keahlian yang tinggi. 

E. Pola Rumah Tangga 

 “Rumah Tangga Tradisional” terdiri dari suami, istri, dan anak-anak. Proyeksi komposisi rumah tangga yang lain adalah bujangan yang hidup sendiri (27%), keluarga dengan orang tua tunggal (8%), pasangan menikah tanpa anak dan pasangan dengan anak sudah keluar rumah (32%), tinggal bersama orang yang bukan keluarganya (5%), dan struktur keluarga lainnya (8%). Semakin banyak orang yang bercerai atau berpisah selanjutnya memilih tidak menikah, menunda pernikahan ,atau menikah tanpa ingin mempunyai anak. masing-masing kelompok mempunyai kumpulan kebutuhan dan kebiasaan pembelian yang berbeda. Sebagai contoh orang dalam kelompok SSWD (Bujangan, Berpisah, Janda, Cerai) memerlukan apartemen yang lebih kecil, perlengkapan, perabot, perangkat rumah yang murah dan lebih kecil serta kemasan makanan yang lebih kecil. Pemasar harus semakin mempertimbangkan kebutuhan khusus rumah tangga non tradisional, yang sekarang tumbuh semakin cepat dibandingkan rumah tangga tradisional. 




F. Perubahan Geografis dalam Populasi 

 Pemasar juga Mengamati tempat berkumpulnya konsumen. hampir satu dari dua orang yang berusia lebih dari 5 tahun berpindah tempat tinggal setidaknya satu kali menurut ringkasan sensus 2000. Orang yang tinggal di pinggiran kota lebih mengalami kehidupan santai lebih banyak melakukan kegiatan di ruang terbuka dan mempunyai interaksi bertetangga yang lebih besar penghasilan yang lebih tinggi dan keluarga yang lebih mudah masyarakat pinggiran kota Membeli Van, peralatan perbaikan rumah, perabot luar ruangan, peralatan memotong rumput, dan berkebun, Serta peralatan memasak di luar ruangan.


5. Lingkungan Makro Utama Lainnya

Kekuatan lingkungan makro utama lainnya sangat mempengaruhi peruntungan pemasar. disini kita meninjau perkembangan dalam lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi dan politik-hukum.

A. Lingkungan Ekonomi 

Daya beli yang tersedia dalam ekonomi tergantung pada penghasilan, harga, tabungan, utang, dan ketersediaan kredit saat ini. pemasar harus memperhatikan tren yang mempengaruhi daya beli, karena tren tersebut bisa memberikan pengaruh kuat pada bisnis terutama untuk perusahaan yang produknya ditujukan kepada konsumen berpenghasilan tinggi dan sensitif terhadap harga.

Distribusi Pendapatan. 
Ada 4 jenis struktur negara industri:
1. Perekonomian Subsisten. seperti: Papua Nugini yang hanya mempunyai sedikit peluang bagi pemasar.
2. Perekonomian Ekspor Bahan Mentah. Seperti: Republik Demokrasi Kongo dan Arab Saudi dengan pasar yang baik untuk perlengkapan, peralatan, pasokan,dan barang mewah untuk orang kaya. 
3. Perekonomian Industri Baru. seperti :India, Mesir, Filipina Di mana kelas kaya dan menengah baru sedang tumbuh meminta jenis barang yang baru.
4. Perekonomian Industri. seperti: negara-negara di Eropa Barat yang merupakan pasar yang kayak untuk semua jenis barang.


Pemasar sering membedakan negara dengan menggunakan 5 pola distribusi pendapatan yang berbeda yaitu:
1. Pendapatan sangat rendah.
2. Hampir semuanya berpendapatan rendah. 
3. Pendapatan sangat rendah sangat tinggi.
4. Pendapatan rendah menengah dan tinggi.
5. Hampir semuanya berpendapatan menengah.



Tabungan, Utang Dan Kredit.
Pengeluaran konsumen dipengaruhi oleh ketersediaan tabungan, utang, dan kredit. Konsumen di AS mempunyai rasio utang terhadap penghasilan yang tinggi yang kemudian memperlambat pengeluaran untuk barang rumah tangga dan barang berharga tinggi. Kredit mudah tersedia di AS tetapi suku bunganya cukup tinggi, khususnya bagi peminjam berpenghasilan rendah. Masalah ekonomi yang semakin penting bagi sebagian besar konsumen Amerika yang menganggur adalah pemindahan pekerjaan manufaktur dan jasa ke luar negeri.

B. Lingkungan Sosial Budaya 

Masyarakat membentuk kepercayaan, nilai, dan norma yang menggambarkan sebagian besar selera dan preferensi konsumen. Masyarakat menyerap, secara hampir tidak sadar, pandangan dunia yang mendefinisikan hubungan mereka bagi diri mereka sendiri, orang lain, organisasi, masyarakat, alam, alam semesta.

Pandangan tentang diri sendiri.
“Pencari kesenangan” mencari kesenangan, perubahan, dan tempat pelarian. Orang lain mencari “realisasi diri”. Orang orang membeli mobil impiannya dan liburan dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan kesehatan seperti lari, tenis, sepak bola. dan mengintropeksi diri dan serta membuat seni dan kerajinan tangan untuk rangkuman kegiatan waktu luang konsumen.
Pandangan tentang orang lain. 
Orang mengkhawatirkan tunawisma, kriminalitas dan korbannya, serta masalah sosial lainnya. Pada saat yang sama, orang mencari tipe hubungan orang sendiri yang serius dan bertahan lama serta menghindari orang asing. Tren ini memperkuat pertumbuhan pasar produk dan jasa dukungan sosial yang mempromosikan Hubungan langsung antarmanusia seperti: klub kesehatan, pelayaran, dan kegiatan agama. Orang juga menyarankan pertumbuhan pasar untuk mengganti kehidupan sosial seperti: televisi, permainan video rumah, dan ruang Chatting di internet. 

Pandangan tentang organisasi. 
Sekarang ada banyak orang yang menganggap pekerjaan bukan sebagai sumber kepuasaan tetapi sebagai kewajiban yang diharuskan untuk menghasilkan uang guna menikmati waktu luang diluar jam kerja mereka. Dan perusahaan harus menemukan cara baru untuk memenangkan kembali kepercayaan konsumen dan karyawan dan harus memastikan bahwa mereka adalah warga korporat yang baik dan bahwa pesan konsumen mereka jujur.

Pandangan tentang masyarakat.
Beberapa orang mempertahankan masyarakat, beberapa menjalankannya, beberapa memanfaatkan apa yang bisa mereka dapatkan darinya, beberapa orang ingin mengubahnya, beberapa mencari sesuatu secara lebih mendalam, dan lainnya ingin meninggalkan nya. Pola konsumsi sering mencerminkan sikap sosial. Orang yang ingin mengubah cenderung menjadi peri tinggi yang makan, berpakaian dan hidup dengan baik. Dan juga biasanya hidup secara ekonomis, mengendarai mobil yang lebih kecil, dan mengenakan pakaian yang lebih sederhana. Orang yang ingin meninggalkan dan orang yang suka lebih mencari menjadi pasar utama untuk film, musik, selancar, dan perkemahan. 

Pandangan tentang alam. 
Manusia yang menyadari kerapuhan alam dan keterbatasan sumber daya merespon meningkatnya minat untuk hidup selaras dengan alam dan hidup di alam dengan memproduksi berbagai macam peralatan berkemah, mendaki gunung, berperahu, dan memancing.

Pandangan tentang alam semesta.
Masyarakat yang tidak meyakini adanya Tuhan. Dan semakin melemahnya setiap tahun bahwa masyarakat tidak meyakini adanya Tuhan tetapi tetap ada gerakan dalam bentuk agama untuk mengembalikan minat masyarakat untuk memeluk agama dan meyakini adanya Tuhan.

C. Keberadaan Subbudaya

 setiap masyarakat mengandung subbudaya, kelompok yang berbagi nilai, kepercayaan, preferensi, dan perilaku yang timbul dari pengalaman atau keadaan khusus dalam kehidupan mereka. Terkadang perusahaan mendapatkan imbalan tak terduga dalam membidik sub budaya. Pemasar selalu menyukai para remaja karena mereka merupakan penentu trend masyarakat dalam hal mode, musik, hiburan, ide dan sikap. Pemasar Juga Tahu bahwa jika mereka menarik seseorang sebagai remaja, terbuka peluang besar bahwa mereka akan mempertahankan orang tersebut sebagai pelanggan dalam jenjang kehidupannya kemudian hari.

D. Lingkungan Alam 

Konsumen sering terlihat menentang keputusan produk yang mempengaruhi lingkungan alam. Namun salah satu studi riset memperlihatkan bahwa meskipun 80% konsumen menyatakan bahwa keamanan lingkungan mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli sebuah produk, hanya setengah lebih sedikit yang menyatakan bahwa mereka membeli produk daur ulang atau produk yang aman lingkungan. Environmentalisme korporat Adalah pengakuan akan pentingnya masalah lingkungan yang dihadapi perusahaan dan pengintegrasian masalah-masalah itu ke dalam rencanaD strategis perusahaan. Pemasar yang mempraktikkan paham lingkungan korporat ini harus menyadari berbagai ancaman dan peluang yang berhubungan dengan empat trend utama di lingkungan alam: kelangkaan bahan mentah,terutama air ;peningkatan biaya energi; peningkatan tingkat polusi dan perubahan peran pemerintah.
Bahan mentah bumi terdiri dari: (1) bahan yang tak terbatas. (2) bahan yang terbatas tapi dapat diperbaharui. (3) barang yang terbatas tetapi tidak dapat diperbarui. 
Salah satu sumber daya yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui yaitu: minyak, telah menciptakan masalah serius bagi ekonomi dunia. Ketika harga minyak melambung dan mencetak rekor baru, perusahaan pun mencari cara praktis untuk menggunakan sinar matahari, nuklir, angin dan bentuk energi alternatif lainnya.
Beberapa kegiatan industri tak diragukan lagi berdampak merusak pada lingkungan alam. Ada banyak pasar yang tercipta untuk solusi pengendalian polusi seperti scrubber, pusat daur ulang, dan sistem penimbunan. Keberadaannya menimbulkan pencarian cara alternatif untuk memproduksi dan mengemas barang. 
Pemerintah mempunyai perhatian yang beragam terhadap usaha mempromosikan lingkungan bersih. Banyak negara miskin hanya melakukan sedikit usaha melawan polusi. Sebagian besar karena mereka kekurangan dana atau kehendak Politik.


E. Lingkungan Teknologi

Lingkungan teknologi adalah kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan produk, dan peluang pasar, yang baru. Teknologi telah menciptakan benda-benda yang mengagumkan seperti antibiotik, pembedahan robotik, alat-alat elektronik mini, komputer, laptop, dan internet. Dengan adanya teknologi baru maka akan menciptakan pasar dan peluang baru. Ada tiga  kunci untuk menghindari miopi pemasaran hijau:
Pemosisian (positioning) Nilai Konsumen
Merancang produk lingkungan yang mempunyai kinerja yang sama baiknya dengan (atau lebih baik dari) produk alternatif.
Mempromosikan dan menghantarkan nilai produk lingkungan yang diinginkan konsumen dan membidik segmenpasar konsumen yang relevan.
Memperluas daya tarik arus utama dengan mengikat (menambahkan) nilai yang diinginkan konsumen ke dalam produk lingkungan (seperti penentuan harga tetap ntuk pelanggan energi terbarukan).



Kalibrasi Pengetahuan Konsumen
Membidik konsumen dengan pesan pemasaran yang menghubungkan atribut   produk lingkungan dengan nilai konsumen yang diinginkan   (misalnya, produk yg bebas pestisida lebih sehat, efesiensi energi menghemat uang atau energi matahari itu nyaman).
Menentukan kerangka atribut produk lingkungan sebagai ” solusi” bagi kebutuhan konsumen
Menciptakan situs internet yang melibatkan dan mendidik tentang nilai produk lingkungan yang diinginkan konsumen.
Kredibilitas Klaim Produk
Menyatakan klaim produk lingkungan dan manfaat konsumen yang spesifik, berarti, tanpa prestasi dan berkualitas
Mendapatkan pendukung produk atau sertifikat ramah-lingkungan dari pihak ketiga yang terpercaya, dan membidik konsumen tentang arti di belakang dukungan dan sertifikat ramah-lingkunga tersebut.
Mendoromg pewartaan konsumen melalui jaringan komunikasi sosial dan internet konsumen dengan informasi yang meyakinkan, menarik, atau menghibur tentang  produk lingkungan.
Pemasar harus mengamati empat tren teknologi  berikut:
1. Kecepatan produk yang semakin tinggi, semakin banyak ide yang dikerjakan, dan selang waktu anatara kemunculan ide baru dan keberhasilan implementasi  akan semakin menipis. Begitu juga waktu antara pengenalan dan produksi puncak. Misalnya, Apple meningkat pesat dalam 5 tahun bisa menjual 23,5 juta ipod  tahun 2006.
2. Peluang Inovasi yang Terbatas, membuat pekerjaaan yang menarik saat ini di bidang biotekbologi, dengan penemuan-penumuan yang luar biasa.
3. Anggaran R&D yang Bervariasi, bergerak dengan hati-hati untuk memaksimalkan anggarang sehingga  membuat  terobosan besar.
4. Semakin Banyaknya peraturan Mengenai Perubahan Teknologi, Pemerintah telah memperluas kekuasaaan badan-badannya, untuk menyelidiki dan melarang produk yang berpotensi tidak aman serta memperketat peraturan dibidang makanan, mobil, pakaian dll.


F. Lingkungan Politik-Hukum

Pemasar harus bekerja dalam banyak hukum yang mengatur praktik bisnis dan bekerja  sama dengan berbagai kelompok kepentingan khusus. Ada 2 tren dalam lingkungan politik-hukum yaitu:
1. Peningkatan  Peraturan Bisnis,ada empat  tujuan utama peraturan bisnis: melindungi perusahaan dari persaingan yang tidak  sehat, melindungi konsumen dari praktek bisnis yang tidak jujur, melindungi kepentingan masyarakat dari perilaku bisnis yangtidak terkendali, mengenakan biaya  sosial yang  tercipta akibat prosesproduk atau  produksi  pada bisnis
2. Pertumbuhan Kelompok Kepentingan Khusus, kekuatan penting yang mempengaruhi bisnis adalah gerakan  konsumeris yang artinya suatu gerakan warga negara  dan pemerintah yang  terorganisasi untuk memperkuat hak dan kekuatan pembeli dalam hubungannya dengan penjual. Konsumeris telah mengadvokasi dan memenangkan hak untuk mengetahui biaya bunga sebenarnya dari suatu pinjaman. biaya per unit standar merek yang bersaing yang sebenarnya, bahan dasar dalam sebuah produk, kualitas nutrisi makanan,  kesegaran prosuk, dan manfaat produk yang sebenarnya. Jelas bahwa kehadiran UU yang abru dan semakin banyaknya jumlah LSm akan memberikan batasan kepada pemasar. Pemasar harus menjelaskan rencana mereka melalui departemen hukum, hubungan masyarakat, permasalahan public, dan departemen  hubungan  pelanggan perusahaan






DAFTAR PUSTAKA
Kevin Lane Keller, Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas jilid satu,. Jakarta: Erlangga, 2008.


TAGS : 

fungsi firewall pada jaringan voip , maksud dari diperlukan autentikasi, anda perlu masuk ke akun google,diperlukan autentikasi anda perlu masuk akun google,diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google,cara mencerahkan layar laptop,cara mengatasi diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google,strategi manajemen,muat ulang laman web ini,akuntansi forensik,strategi manajemen pemasaran,mengembangkan strategi dan rencana pemasaran,pembelian online,manajemen strategi,aplikasi kik,materi peluang usaha,persyaratan,gambar iklan non komersial,cara membuat penipu mengembalikan uang kita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel