-->

PENGERTIAN PASAR MODAL DAN PERAN PASAR MODAL

          
PENGERTIAN PASAR MODAL DAN PERAN PASAR MODAL
      Pasar modal atau yang sering kita kenal sebagai bursa efek, adalah pasar tempat bertemunya permintaan dan penawaran dana-dana jangka panjang dalam bentuk penjualan surat-surat berharga. Berbeda dengan pasar uang yang merupakan pertemuan antara permintaan dan penawaran jangka pendek, dana dari pasar modal biasanya digunakan untuk proyek-proyek yang tidak segera menghasilkan uang. Misalnya untuk membangun jalan tol, pabrik, dan pengembangan produk.
                Adapun perbedaan pasar modal dengan pasar uang dapat dilihat dari table berikut yang akan memberikan perbandingan kedua pasar.
PERIHAL
PASAR MODAL
PASAR UANG
Tingkat bunga
Tingkat bunga relative rendah
Tingkat bunganya relative tinggi
Pihak yang berperan
Investor baik secara individu maupun institusi, penjamin investasi, dan pemerintah
Individu, bank-bank umum komersial dan lembaga keuangan
Jangka waktu
Jangka panjang biasanya lebih dari satu (1) tahun
Jangka pendek biasanya kurang dari satu tahun



                Setelah kita mengetahui apa itu pasar modal, berikut akan dijelaskan peranan-peranan pasar modal didalam perekonomian nasional.  Secara umum pasar modal memiliki peran sebagai berikut :
1.       Sebagai sarana penambah modal bagi badan usaha. Perusahaan dapat memperoleh dana dengan cara menjual saham ke pasar modal. Saham-saham itu akan dibeli oleh masyarakat umum, perusahaan lain, lembaga dan pemerintah
2.       Sebagai sarana pemerataan pendapatan. setelah jangka waktu tertentu, saham yang ttelah dibeli akan memberikan deviden (bagian keuntungan perusahaan) kepada para pembeli ( pemiliknya). Oleh karena itu, penjualan saham melalui pasar modal dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan
3.       Sebaga sarana peningkatan kapasitas produksi. Dengan adanya tambahan modal yang diperoleh dari pasar modal, maka produktivitas perusahaan akan meningkat.
4.       Sebagai sarana penciptaan kesempatan kerja. Dengan adanya pasar modal akan mendorong adanya perkembangan industry lain yang berdampak pada terciptanya kesempatan kerja.
5.       Sebagai sarana peningkatan negara. Setiap deviden yang dibagikan kepada pemegang saham akan dikenakan pajak oleh pemerintah. Adanya tambahan pemasukan melalui pajak ini akan meningkatkan pendapatan negara.
6.       Sebagai indicator perekonomian negara. Aktivitas dan volume penjualan/pembelian di pasar modal akan semakin meningkat (padat) akan memberi indikasi bahwa aktivitas bisnis berbagai perusahaan berjalan dengan baik. Begitu pula dengan sebaliknya

Nah, itulah mengenaiPENGERTIAN PASAR MODAL DAN PERAN PASAR MODAL . Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.


SUMBER REFERENSI :
Alam. 2012. Ekonomi Untuk kelas XI. Jakarta . ESIS Halaman  202-203

SUMBER GAMBAR:
http://liberty-aries.blogspot.co.id/2014/01/pengertian-manfaat-fungsi-jenis-pasar.html





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel