-->

INVESTASI DI PASAR MODAL

INVESTASI DI PASAR MODAL
Proses investasi menjelaskan bagaimana seharusnya investor melakukann investasi dalam sekuritas. Sekuritas merupakan surat berharga yang menunjukkan hak investor untuk mendapatkan bagian kekayaan perusahaan yang menerbitkan sekuritas tersebut. Ada hal-hal yang harus diputuskan dalam investasi adalah sebagai berikut.

1. Sekuritas apa yang menjadi pilihan investasi ?
2. Berapa besar investasi ?
3. Kapan investasi tersebut dilakukan ?

Untuk mengambil keputusan-keputusan tersebut diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

Menentukan kebijakan investasi. Investor harus menentukan tujuan  investasi dan berapa jumlah dana yang dipersiapkan untuk investasi.

Analisis sekuritas. Tujuan analisis ini adalah mengetahui sekuritas dengan karakteristik mispriced, yaitu sekuritas yang harganya bisa sangat tinggi atau sangat rendah. Dengan kata lainnya, sekuritas tersebut tidak stabil didalam hal pergerakan harga di bursa. Untuk mengetahui mispriced dapat digunakan analisis teknis dan analisis fundamental. Analisis teknis adalah analisis yang menggunakan data empiris berupa perubahan harga di masa lalu untuk memprediksi  harga sekuritas dimasa depan. Analisis fundamental berguna untuk memprediksi harga dimasa yang akan datang dengan melihat prospek perusahaan dimasa yang akan datang.

Penentuan portofolio. Portofolio adalah gabungan surat-surat berharga sebagai pilihan investasi. Prinsip portofolio menganut paham don’t put you eggs in one basket. Yang berarti , dari bermacam-macam sekuritas yang kita miliki, jika salah satunya mengalami keuntungan maka dapat menutupi kerugian sekuritas yang lainnya.

Melakukan revisi portofolio. Pada tahap ini, dilakukan penilaian kembali pada ketiga langkah sebelumnya. Jika berdasarkan penilaian kembali perlu dilakukan perubahan, maka tahap inilah perubahan itu terjadi. Jangan lupa dengan semboyan “teliti sebelum membeli”

Penilaian hasil portofolio. Pada tahap ini investor melakukan evaluasi terhadap keuntungan yang diperoleh dan resiko yang harus ditanggung dari portofolio yang dimiliki.


Nah, itulah mengenai INVESTASI DI PASAR MODAL  . Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.


SUMBER REFERENSI :
Alam. 2012. Ekonomi Untuk kelas XI. Jakarta . ESIS Halaman 211-212



SUMBER GAMBAR:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/08/25/060700226/Mana.yang.Lebih.Baik.Investasi.Reksa.Dana.Sekaligus.atau.Berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel