-->

Biografi Irving Fisher : Ekonom Neoklasik Amerika Dan Pencetus (Persamaan Fisher, Hipotesis Fisher, dan Teorema Pemisahan Fisher)

http://www.antomiwahyu.com/


PROFIL SINGKAT :



     Irving Fisher adalah seorang ekonom matematika berkebangsaan Amerika. Beliau juga merupakan seorang ekonom neoklasik pertama yang berkebangsaan Amerika. Fisher panggilan akrabnya, beliau memberikan sebuah kontribusi yang begitu besar dalam perkembangan Ekonomi dengan menggunakan prosedur yang tidak biasa digunakan sebelumnya, yaitu lewat matematika, statistik, dan pengembangan teori Ekonomi dari Sekolah Ekonomi Austria. Fisher bukan hanya seorang ekonom yang sangat handal namun beliau juga seorang pemerhati isu-isu sosial, kesehatan, dan perdamaian dunia.

     Fisher lahir di New York pada 27 Februari 1867. Beliau lahir di lingkungan keluarga yang terpelajar. Ayah Fisher adalah seorang tenaga pengajar atau guru dan Menteri Kongres. Sang ayah selalu mengajarkan kepada Fisher untuk menjadi orang yang berguna bagi masyarakat luas. ajaran ini sangat mengena pada dirinya hingga Fisher memiliki jiwa sosial dan religius yang sangat besar. Ketika ayahnya meninggal dunia, Fisher menggantikan perannya untuk menjadi tulang punggung keluarga dengan bekerja sebagai seorang tenaga pengajar alias seorang guru.

     Sejak kecil, Fisher memiliki ketertarikan yang sangat besar terhadap dunia matematika. Beliau sangat hebat dan akurat dalam hal hitung - hitungan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu beliau mulai tertarik pada dunia ekonomi di mana hal ini dimulai dengan keprihatinan Fisher terhadap kondisi ekonomi masyarakatnya. Ketertarikannya ini membawa Fisher untuk mengambil studi Ekonomi di Universitas Yale dan beliau berhasil mendapatkan gelar Ph.D. pertama yang dikeluarkan universitas tersebut pada tahun 1891. Penasihat akademiknya pun tak kalah hebat, yaitu seorang ahli fisika Josiah Willard Gibbs dan ahli ekonomi William Graham Sumner.

    Setelah mendapatkan gelar tersebut, Fisher mengabdikan diri di Universitas Yale sebagai pengajar Matematika dan asisten profesor. Setelah menikah dengan putri keluarga kaya, beliau memiliki kesempatan untuk menjelajah kawasan Eropa. Sepulangnya dari Eropa, beliau memutuskan untuk berputar haluan dari ahli matematika ke ahli ekonomi politik. beliau menjadi profesor seutuhnya pada tahun 1898. Sebagai seorang ekonom, Fisher juga aktif dalam kegiatan keorganisasian dan perkumpulan masyarakat ekonomi, misalnya Asosiasi Ekonomi Amerika dan Masyarakat Ekonometrik yang di mana beliau menjabat sebagai presidennya. Sayang sekali pada usia 30an beliau terjangkit TBC. Namun, Fisher dapat melewati masa itu dengan baik dan itulah awal mula ketertarikan Fisher terhadap kesehatan dan konsep hidup bersih dan sehat yang sering beliau kampanyekan.


PENDIDIKAN :



•    Universitas Yale



KARIR :



•    Beliau menjadi Profesor Ekonomi di Universitas Yale pada tahun1898, yang sebelumnya beliau menjadi asisten profesor terlebih dahulu.

•    Fisher juga diangkat sebagai Presiden Asosiasi Ekonomi Amerika pada tahun 1918, beliau dipercaya dan mendapat amanat diposisi tersebut.

•    Selain itu, Fisher juga diamanatkan sebagai seorang Presiden Masyarakat Ekonometrik pada tahun 1931, beliau menjabat sebagai Presiden Masyarakat Ekonometrik sekitar 2 tahun. Beliau diangkat pada tahun 1931 dan berhenti pada tahun 1933.



PRESTASI :



     Fisher dikenal dengan beberapa teorinya, yaitu Persamaan Fisher, Hipotesis Fisher, dan Teorema Pemisahan Fisher. Selain itu, selama karirnya ia berhasil menulis beberapa buku yang sangat berpengaruh, seperti "The Nature of Capital and Income" (1906), "The Purchasing Power of Money" (1911), "The Making of Index Numbers" (1922), "The Theory of Interest" (1930), dan "100% Money" (1935). Irving Fisher meninggal dunia di New Haven, Connecticut, pada tahun 1947 karena kanker.


Sumber : internet, buku pelajaran, dan sumber lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel