-->

FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL

FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL
1.FAKTOR PENDORONG PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Perdagangan Internasional dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lainnya perbedaan sumber daya alam, selera, penghematan biaya produksi, dan perbedaan teknologi. Berikut adalah penjelasannya :

A.Perbedaan Sumber Daya Alam
Karena beberapa hal, sumber daya alam yang memiliki setiap negara berbeda-beda. Jarang suatu negara memiliki sumber daya alam yang lengkap untuk memenuhi konsumsi dalam negeri. Maka untuk mendapatkan sumber daya alam yang dibutuhkan dan yanng tidak dimiliki oleh suatu negara , diperlukan pertukaran internasional (antar negara). Pertukaran antar negara tersebut akan menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Contohnya Amerika Serikat mengekspor mobil ke Indonesia dikarenakan Amerika Serikat dapat memproduksi mobil dengan murah. Sebaliknya, Indonesia dapat mengekspor produksi tekstil ke Amerika Serikat karena memang Indonesia memiliki sumber daya alam yang di butuhkan untuk membuat tekstil.

B.Selera
Selera juga merupakan  salah satu faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional. Indonesia mengimpor apel dari China, meskipun buah apel juga ada di Indonesia. Buah apel yang ada di Indonesia banyak di peroleh dari daerah malang dan sekitarnya. Tetapi karena secara umum orang Indonesia lebih menyukai apel dari china, maka apel perlu diimpor.

C.Penghematan Biaya Produksi (Efisiensi)
Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara dapat memasarkan hasil produksinya pada banyak negara. Negara tersebut memproduksinya dalam jumlah besar sehingga dapat menurunkan biaya produksi. Ada hukum ekonomi yang mengatakan bahwa “ barang yang diproduksi dalam jumlah besar akan lebih hemat daripada barang yang diproduksi dalam jumlah sedikit”. Masalah efisiensi juga menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Sebagai contoh sebenarnya banyak orang Indonesia yang mampu membuat mobil canggih. Tetapi karena industry mobil lokal belum berkembang menjadikan biaya produksi dan pemasarannya mahal.

D.Perbedaan Teknologi
Ada negara yang telah mencapai keunggulan dalam memproduksi barang berteknologi tinggi. Sedangkan sebahagian negara belum mampu menerapkan teknologi maju dengan baik. Negara yang menggunakan teknologi yang lebih maju dapat menjual barang dengan harga yang murah pada negara yang menerapkan teknologi yang lebih sederhana. Misalnya Indonesia mengimpor mobil dari Jepang karena jepang lebih maju didalam teknologi pembuatan mobil.


2. FAKTOR PENGHAMBAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam melakukan perdagangan internasional. Faktor-faktor itu antara lain adalah sebagai berikut:

a) Tidak amannya suatu negara. Jika suatu negara tidak aman, para pedagangnya akan beralih ke negara yang lebih aman. Faktor keamanan mempengaruhi pedagang dalam melakukan perdagangan internasional .

b) Kebijakan ekonomi internasional pemerintah. Ada beberapa kebijakan ekonomi suatu negara yang menghambat kelancaran perdagangan internasional. Misalnya, pembatasan jumlah impor, pungutan biaya impor/ekspor yang tinggi, perijinan yang berbelit-belit, dll

c) Tidak stabilnya kurs mata uang asing. Kurs mata uang yang tidak stabil membuat para importir dan eksportir kesulitan dalam menentukan harga valuta asing. Kesulitan itu juga berdampak pula terhadap permintaan dan penawaran pasar.

nah, itulah mengenai FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL . Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

SUMBER REFERENSI :
Alam. 2012. Ekonomi Untuk kelas XI. Jakarta . ESIS Halaman  226-227



SUMBER GAMBAR:
http://www.artikelsiana.com/2014/09/Faktor-Penghambat-Perdagangan-Internasional.html


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel