-->

PENGERTIAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL


                Pentingnya perdagangan dapat dilihat dari luasnya spesialisasi dalam masyarakat. Bahkan dalam masyarakat yang primitif sekalipun orang bekerja sama dalam penggunaan sumber daya mereka yang terbatas, karena melalui kerja sama lebih banyak barang dan jasa yang dapat diproduksi oleh mereka daripada jika setiap orang mencoba untuk melakukan banyak pekerjaan yang berbeda sekaligus.
                Tingkat tinggi spesialisasi dalam masyarakat membuat standar hidup semakin tinggi dan persediaan barang dan jasa semakin banyak. Tanpa perdagangan spesialisasi tak akan terjadi. Misalnya, tukang sepatu tidak dapat dan tidak hanya mengonsumsi sepatu.  Disamping itu, dia juga memtutuhkan makanan, pakaian, tempat tinggal, dan transportasi. Oleh karena itu, ia menukar surplus dari produksi sepatunya dengan apa yang khusus dihasilkan orang lainnya, semisalnya petani, nelayan, produsen mobil, dokter dan penjahit. Pertukaran semacam ini disebut sebagai perdagangan. Pertukaran barang dan jasa antara penduduk negara yang sama disebut dengan perdagngan dalam negeri. Pertukaran antara barang dan jasa antara penduduk negara yang berbeda disebut dengan perdagangan internasional.
                Setiap negara tidak dapat hidup sendiri. Setiap negara cenderung untuk mengkhususkan diri dalam komoditas yang dapat dihasilkan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan negara lainnya. Proses ini membawa pembagian kerja internasional yang memungkinkan banyak barang dan jasa yang tersedia bagi seluruh negara. Oleh karena itu, pembagian kerja internasional dan spesialisasi menyiratkan perdagangan internasional. Tanpa perdagangan internasional hal ini tidak mngkin dapat terjadi.

                Dengan demikian, PERDAGANGAN INTERNASIONAL adalah suatu proses tukar-menukar atau jual beli barang dan jasa yang terjadi antara 2 negara atau lebih. Di dalam perdagangan internasional kita mengenal intilah impor dan ekspor. Impor adalah proses masuknya suatu barang ke dalam negeri, sedangkan yang melakukan impor disebut dengan importir. Ekspor adalah proses keluarnya suatu barang ke luar negeri, yang melakukan ekspor biasanya disebut dengan importir

Nah, itulah mengenai PENGERTIAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL . Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

SUMBER REFERENSI :
Alam. 2012. Ekonomi Untuk kelas XI. Jakarta . ESIS Halaman   224



SUMBER GAMBAR:
http://rotualilis.blogspot.co.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel