-->

PENGERTIAN BUMN, BUMS, DAN KOPERASI

badan usaha milik negara bumn

Berdasarkan undang-undang Republik Indonesia no.19 tahun 2003 tentang BUMN, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan usaha yang seluruh atau sebahagian besar modalnya adalah milik negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu pelaku ekonomi dalam system perekonomian nasioak, disamping badan usaha milik swasta dan koperasi. Dalam menjalakan kegiatan usahanya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dan koperasi menajalankan peran saling mendukung bedasarkan demokrasi ekonomi.

badan usaha milik swasta
Bedanya dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh swasta. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dibedakan menajadi Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dalam negeri dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) luar negeri. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dalam negeri adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh masyarakat dalam negeri. Sedangkan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) luar negeri adalah badan usaha yang modal usahanya dimilikimoleh masyarakat luar negeri.

logo koperasi indonesia
Sementara itu koperasi berasal dari Bahasa inggris, yaitu co dan operation. Co berarti bersama. operation berarti usaha. Jika kedua kata tersebut dirangkai maka akan memiliki makna usaha bersama. Pengertian ini sesuai dengan defenisi koperasi dalam undang-undang koperasi no.25 tahun 1992 pasal 1 yang bunyinya “ koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan pada asas kekeluargaan” koperasi sendiri berlandaskan pada Pancasila dan Undang-undang dasar 1945 serta dengan dasar kekeluargaan.

Nah, itulah mengenaiPENGERTIAN BUMN, BUMS, DAN KOPERASI. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

SUMBER REFERENSI :
Alam. 2012. Ekonomi Untuk kelas XI. Jakarta . ESIS Halaman 180
SUMBER GAMBAR
http://www.slideshare.net/indahpratiwieciepoetriecikal/badan-usaha-milik-swasta-45254816
http://www.jadimanfaat.com/2015/06/manfaat-jadi-anggota-koperasi.html
http://finansial.bisnis.com/read/20150907/309/469740/wow-utang-5-bumn-ini-tembus-rp448-triliun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel