-->

KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMBANGUNAN INDONESIA

KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMBANGUNAN INDONESIA

Pembangunan ekonmi merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia. Kebijakan dan strategi pembangunan telah mengubah struktur ekonomi secara mengesankan dan mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.

Strategi merupakan langkah-langkah yang berisikan program – program indiktif untuk mewujudkan visi dan misi. Strategi harus dijadikan sebagai satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan. Rumusan strategi berupa pernyataan yang menjelaskan bagaimana tujuan dan sasaran dapat dapat dicapai yang selanjutnya diperjelas dengan serangkaian arah kebijakan.
Visi pembangunan ekonomi nasional Indonesia rentang waktu 20 tahun yakni mulai tahun 2005 sampai tahun 2025 adalah menjadikan Indonesia yang mandiri, adil, maju dan makmur. Bangsa mandiri adalah bangsa yang mampu mensejajarkan diri dengan bangsa lainnya yang telah maju menggunakan kemampuan dan kekuatan sendiri.  Suatu negara dikatakan makin maju apabila sumber daya manusianya memiliki kepribadian bangsa, berakhlak mulia serta memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Bangsa yang adil adalah bangsa yang didalamnya tidak ada diskriminasi baik antar individu, kelompok maupun antar wilayah. Bangsa yang makmur adalah bangsa yang telah mampu memenuhi kebutuhannya dan mampu memberikan makna dan arti penting bagi bangsa-bangsa lain didunia.

Sementara itu visi pembangunan Indonesia adalah sebaga berikut :
1. Mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila
2. Mewujudkan bangsa yang berdaya saing
3. Mewujudkan Indonesia yang demokrasi dengan berlandaskan hukum
4. Mewujudkan Indonesia yang aman , damai dan bersatu
5. Mewujudkan pemerataan pembangunan dan berkeadilan
6. Mewujudkan Indonesia yang asri dan lestari
7. Mewujudkan Indonesia sebagai negara kesatuan yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional
8. Mewujudkan Indonesia berperan penting dalam  pergaulan bangsa  didunia internasional

Strategi untuk melakukan visi dan misi tersebut dijabarkan secara bertahap dalam priode 5 tahunan atau RPJM ( RENCANA PEMBANGUNAN JANGKAH MENENGAH ) dengan skala prioritas dan strategi pembangunan pada priode – priode sebelumnya. Tahapan skala prioritas dan starategi RPJM dijelaskan secara ringkas sebagai berikut :
1. RPJM ke– 1  (tahun 2005 – 2009 ) diarahkan kembali untuk menata Indonesia di segala bidang yang ditunjukkan untuk menciptakan Indonesia yang aman dan damai, yang adil dan demokratis, dan tingkat kesejahteraan raktyatnya meningkat.
2. RPJM ke- 2 (tahun 2009 – 2014) ditunjukkan lebih memantapkan pembangunan Indonesia disegala lini dengan penekanan lebih pada  peningkatan kualitas sumber daya manusia termasuk dalam kemamuan iptek serta penguatan daya saing perekonomian.
3. RPJM ke- 3 (tahun 2014 – 2019 ) tujuannya adalah untuk lebih memantapkan pengembangan disegala bidang dengan penekanan pecapaian daya saing kompetitif perekonomian dengan berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas serta penguasaan iptek yang terus meningkat.
4. RPJM ke- 4 (tahun 2020 – 2025 ) ditujukan untuk meuwujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, adil, maju dan makmur melalui percepatan pembangunan diberbagai bidang dengan menekankan terbangunanya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh sumber daya manusia yang mempuni serta berdaya saing

Mengacu pada permasalahan dan tantangan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini, maka arah kebijakan umum pembangunan nasional adalah sebagai berikut :
a. Arah kebijakan umum untuk melanjutkan pembangunan mencapai Indonesia sejahtera. Indonesia sejahtera tercermin dari peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dalam bentuk percepatan pembangunan ekonomi yang didukung oleh pengusaan ilmu pengetahuan serta teknologi, pengurangan kemisakinan, pengurangan tingkat pengangguran  yang diwujudkan dengan bertumpuh pada peningkatan kualitas sumber daya manusia., perbaikan infratruktur dasar,  serta dengan menjaga kelestarian lingkunagn secara bersinambung
b. Arah kebijakan umum untuk memperkuat pilar –pilar demokrasi dengan penguatan yang bersifat kelembagaan dan mengarah pada tegaknya ketertiban umum, penghapusan segala macam bentuk diskriminasi, pengakuan dan penerapan hak asasi manusia serta kebebasan yang bertanggung jawab.
c. Arah kebijakan umum guna memperkuat dimensi umum keadilan dalam semua bidang termasuk pengurangan kesenjangan pembangunan antar daerah ( termasuk desa – kota ) serta kesenjangan gender. Keadilan juga dapat diwujudkan bila sistem hukum berfungsi secara kridibel, bersih adil dan bebas pungli ( pungutan liar ) serta tidak pandang bulu. Demikian pula pemberantasan korupsi secara konsisten sangat diperlukan guna menciptakan pemerintaan yang bersih.

    Nah, itulah mengenaiKEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMBANGUNAN INDONESIA. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin DISINI atau dengan cara tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.


Sumber gambar :

http://www.kemenkeu.go.id/Artikel/kebijakan-strategis-transfer-ke-daerah-dan-dana-desa-2016

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel